Kudam IM menerima Bimbingan Teknis Laporan Keuangan Triwulan III TA. 2018 dari Ditkuad

Banda Aceh, acehportal.com - Keuangan Kodam Iskandar Muda (Kudam IM)  menerima Bimbingan Teknis Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2018 oleh Tim Bimbingan Teknis (Bimtek) Direktorat Keuangan Angkatan Darat  (Ditkuad) yang diketuai oleh Kolonel Cku Slamet Heryanto dan di dampingi oleh Letkol Cku Suprianto, Kapten Cku Hartono serta dibantu oleh Pns Asep Hilman dan Pns Ridwan, bertempat di Aula Kudam Iskandar Muda Jl. Nyak Adam Kamil II No. 7-8, Neusu Jaya, Kota Banda Aceh, Rabu (08/08/2018).

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2018 yang dilaksanakan mulai tanggal 08 s.d 10 Agustus 2018, diikuti oleh para Paku Satker Jajaran Kudam IM, operator SAIBA Ku Satker, Pejabat LK Ku Satker, operator SIMAK BMN Wilayah Kodam IM,  operator SIMAK BMN Satker Jajaran Kodam IM serta para Perwira Staf Kudam IM.

Rombongan Tim Bimbingan Teknis (Bimtek) Direktorat Keuangan Angkatan Darat  (Ditkuad) diterima secara langsung oleh Kepala Keuangan Kodam Iskandar Muda (Kakudam IM) Kolonel Cku Sugiyarto didampingi oleh Wakakudam IM Letkol Cku Puji Purnomo, serta para perwira dan anggota Keuangan Kodam Iskandar Muda.

Dalam sambutannya Kakudam IM Kolonel Cku Sugiyarto mengucapkan selamat datang di Kudam IM kepada tim Bimtek Laporan Keuangan dari Ditkuad serta ucapan terima kasih atas kehadiran Tim  Bimtek di Kudam IM, selain itu Kakudam IM juga menyampaikan “Saya menyampaikan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan Bimtek ini secara serius dan tanyakan hal-hal yang belum paham kepada Tim Bimtek, sehingga kegiatan ini tidak sia sia”. karena dengan diselenggarakannya kegiatan ini, akan tercipta SDM yang memiliki kompetensi dan produktivitas tinggi dalam menyusun Laporan Keuangan yang Transparan dan akuntabel”, karena Laporan Keuangan dapat meraih wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI bersumber dari para operator LK, SAIBA dan SIMAK BMN ujar Kolonel Cku Sugiyarto dalam  sambutannya.

Selain itu, dalam Amanat Direktur Keuangan Angkatan Darat (Dirkuad) yang dibacakan oleh Kolonel Cku Slamet Heryanto selaku ketua Tim Bimbingan Teknis (Bimtek) Laporan Keuangan di Kudam IM bahwa untuk mewujudkan Reformasi Bangsa salah satunya  dalam Laporan  keuangan yang harus di benarkan yaitu baik secara struktural maupun kultural yang harus diwujudkan dengan pengelolaan Keuangan yg transparan & akuntabel sehingga laporan keuangan TNI pada umumnya dan  khususnya TNI AD meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP), oleh karena itu kegiatan ini menjadi salah satu solusi  untuk mewujudkan opini WTP tersebut.

“Dalam penyusunan Laporan Keuangan yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran, LO, LPE dan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK), tidak dapat disusun tanpa kerjasama dari unsur keuangan, unsur anggaran dan unsur logistik satuan. Untuk membuat sebuah laporan keuangan dibutuhkan pertanggung jawaban atas kebenarannya sesuai aturan dan perundang – undangan yang berlaku (akuntabel). Maka dari itu perlu SDM pejabat Akuntansi dan Operator Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Aktual (SAIBA) yang mempuni dalam menjalankannya” tutur Kolonel Cku Slamet Heryanto mengakhiri sambutannya.

Komentar

Loading...