Gelar Kenduri Sawah Babinsa Panga dan Warga Berdoa Bersama

Aceh Jaya, acehportal.com - Babinsa Koramil 05/Panga Kodim 0114/Aceh Jaya Serda M. Zainuri menghadiri acara Kenduri Sawah (Kenduri Blang) Kelompok Tani ( Poktan ) Cot Mane di Desa Alue Abed Kecamatan Panga, Kamis ( 2/8/2018 ).

Kenduri Sawah ( Blang ) merupakan tradisi dan budaya masyarakat Aceh yang dilakukan saban tahun saat akan mulai turun ke sawah untuk menanam padi. Kenduri ini berupa makan bersama dan bersedekah kepada anak yatim serta di isi dengan berdoa agar diberikan kemudahan dan rezki kepada para petani yang akan bercocok tanam.

" Saya hari ini menghadiri acara kenduri sawah yang diselenggarakan oleh para petani di Desa Alu Abed Kecamatan Panga. Kita semua berdoa bersama agar diberi kemudahan kepada para petani. Kenduri ini selalu diadakan saat petani akan bercocok tanam " kata Serda M. Zainuri.

Komandan Koramil 05/Panga Kapten Inf. Yudi Sawal dalam kesempatan terpisah mengatakan bahwa kenduri sawah atau kenduri blang merupakan tradisi dan budaya masyarakat Aceh yang sudah berjalan turun - temurun. Kenduri ini di isi dengan kegiatan berdoa bersama.

Lebih lanjut Kapten Yudi mengatakan sebagai Babinsa sudah pasti akan menghormati setiap tradisi masyarakat dimanapun ditugaskan.

" Kita akan selalu menghormati tradisi masyarakat dimanapun kita bertugas. Kita akan mengikutinya " pungkas Kapten Yudi.

Komentar

Loading...