Panen Perdana Padi Demplot, Kodim 0103/Aceh Utara Berikan Hasil yang Baik

Aceh Utara, acehportal.com- Setelah menanti kurang lebih tiga bulan, akhirnya Kodim 0103/Aut bersama Gapoktan binaan Kodim 0103/Aut, dapat melakukan Panen Perdana Padi Demplot Kodim 0103/Aut di Desa Blang Aman Kec. Lhoksukon, Selasa (31/07/2018).

Panen yang dilakukan pada areal sawah seluas 1 hektare tersebut mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan panen padi yang ada di Ds. Blang Aman musim lalu (MT 1). Pasalnya pada panen musim lalu hanya menghasilkan 4,7 ton per hektar. Sedangkan saat ini hasil yang diperoleh mencapai 5,6 Ton perhektar. Atau ada peningkatan yang cukup Baik yaitu sebesar 900 Kg dari masa tanam pertama.

Dandim 0103/Aut Letnan Kolonel Kav Fadjar Wahyudi Broto melalui Pabung Kodim 0103/Aut Mayor Cba Jumiin mengatakan, peningkatan hasil panen kali ini dapat terwujud berkat kerjasama yang baik, antara Kodim 0103/Aut, Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Utara dan para petani. Kerjasama tersebut diwujudkan dengan pengolahan lahan secara intensif.

Selain itu, ketika padi mulai berbuah, tanaman diberi pupuk organik. Hal ini akan membuat tanaman menjadi sehat. Pasalnya kebutuhan akan nutris tercukupinya dengan baik. Hasilnya tangkai padi menjadi lebat dan butiran padi berisi padat.“Ini sebagai jawaban kepada masyarakat petani agar bisa menerapkan sistem dan pola tanam yang benar yakni menggunakan teknologi pertanian dengan sistem tanam jajar legowo dengan perbandingan 2 : 1 dan dengan menggunakan pupuk organik,” tegasnya.

Ketua Gapoktan Ds. Blang Aman juga mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI yang mau terjun langsung ke sawah dan bekerja bersama dengan para kelompok tani. Sehingga hal itu akan menjadi penyemangat petani dalam berkerja mengolah sawah. “Apalagi saat ini sudah terbukti kalau hasil yang sangat baik ini,” katanya pada acara panen yang juga dihadiri oleh Danramil 08/Lsk Kapten Inf Nurdi Hidayat dan Koordinator PPL Kecamatan Lhoksukon, Para petani, Babinsa dan Masyarakat Ds. Blang Aman.

Komentar

Loading...