Babinsa Koramil 14/Pasie Raja Hadiri Tradisi “Peusijuk” di Rasian

Aceh Selatan, acehportal.com – Babinsa Koramil 14/Pasie Raja Kodim 0107/Asel menghadiri acara tradisi syukuran “Peusijuk” rumah baru dan kendaraan roda empat milik salah satu warga Desa Rasian, Kecamatan Pasie Raja, Selasa (31/07/2018).

Peusijuk itu dilakukan untuk keberkahan dan keselamatan rumah baru dan Turut hadir dalam acara tersebut Abon Tgk. Hasbi Kota Fajar, Keuchik Rasian Abdullah dan sejumlah warga serta sanak saudara dari pemilik rumah Tgk. Jasli.

Syukuran atau yang lebih lazim disebut peusijuk merupakan salah satu ritual atau sebuah prosesi adat dalam budaya masyarakat Aceh yang biasa dilakukan untuk memohon keselamatan, ketentraman dan kebahagian dalam kehidupan.

Kopda Syukur, Babinsa Koramil Pasie Raja menuturkan, dalam setiap pergelaran ritual atau tradisi yang dilakukan masyarakat selalu melibatkan tokoh agama, tokoh adat, cerdik pandai, dan pemangku kepentingan termasuk Babinsa desa binaan.

“Karena ini sebuah adat di masyarakat, semua yang berkepentingan dilibatkan dan masyarakat sekeliling juga di undang untuk mendoakan keselamatan, kesejahteraan pemilik rumah,” ujarnya.

Menurut syukur, acara tradisi seperti syukuran ini baginya dimanfaatkan untuk bermanunggal dengan cara berkomunikasi sosial (Komsos), anjangsana dan bersilaturahmi. Selain itu yang terpenting adalah menjadikan forum sebagai wadah ataupun sarana persatuan dan kesatuan.

“Banyak makna yang terkandung dalam acara seperti ini, selain berdoa kita juga menjalin silaturahmi dan keakraban dengan warga sehingga terwujudlah kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ungkapnya.

Sementara Tgk. Jasli (35), warga yang menyelenggarakan acara syukuran (Peusijuk) sangat senang dan bahagia atas kehadiran para pemangku kepentingan terutama Babinsa.

“Saya senang bapak Babinsa bisa hadir di kediaman saya yang sederhana ini untuk mendoakan kami sekeluarga,” ucspnya.

Tgk. Jasli juga menyampaikan, sosok Kopda Syukur sudah tidak asing lagi di keluarga kami. Beliau sudah menjadi satu bagian dari kami karena hubungan emosional yang terbangun dengan baik.

“Pak syukur sering bersilaturahmi dengan saya, sehari-hari sering ngobrol dan kalaupun ada masalah saya selalu koordinasi dengan pak Syukur,” terangnya.

Dalam hal acara peusijuk ini, Tgk. Jasli mengaku, atas rejeki dan kesehatan yang Allah berikan kepadanya, sudah sepantasnya manusia mengungkapkan rasa syukur.

“Ini bentuk rasa syukur kami kepada Sang Pencipta atas rejeki yang diberikan, semoga menjadi berkah dan mendapatkan keselamatan dunia akhirat,” demikian pungkasnya.

Komentar

Loading...