Satgas TMMD Gelar Penyuluhan Pertanian Warga Kandeh

Nagan Raya, acehportal.com - Satgas TMMD ke-102 Kodim 0116/Nagan Raya Tahun 2018 menggelar Penyuluhan Pertanian guna untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dalam upaya mewujudkan Swasembada Pangan yang terpusat di Gedung Balai Penyuluh Pertanian Seunagan Timur, Senin (30/07/18).

Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-102 di Wilayah Kodim 0116/Nara tidak hanya melasanakan kegiatan pembukaan jalan saja, akan tetapi juga memberikan penyuluhan pertanian dan lainnya kepada masyarakat.

Dalam acara tersebut Kodim 0116/Nara mengundang Marjuna Usman, SP yang saat ini menjabat sebagai Kabid Penyuluh Supervisor Dinas Pertanian Dan Peternakan Nagan Raya untuk menjadi narasumber dalam rangka penyuluhan Pertanian.

Marjuna Usman memberikan materi tentang Budi Daya Tanaman padi dimana Kabupaten Nagan Raya adalah lumbung padi Provinsi Aceh. Selanjutnya menjelaskan inovasi terbaru cara bercocok tanam padi mulai tahap pengerjaannya meliputi persiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemeliharaan.

Tujuan dilaksanakan ini untuk mengetahui lebih lanjut dan mengetahui bagaimana tentang tehnologi terbaru mengenai padi dan cara pembasmian hama yang efektif.

Kegiatan penyuluhan ini bertujuan, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para Petani Desa Kandeh sebagai rangkaian sasaran kegiatan non fisik TMMD Ke-102

Dandim 0116/Nara, Letkol Inf Adhe Hansen dalam kegiatan penyuluhan pertanian tersebut mengharapkan, dengan di gelarnya penyuluhan pertanian di Desa Kandeh ini bisa menambah wawasan dan kemampuan Petani setempat dalam meningkatkan hasil panen pertanian terutama jenis padi varitas unggul yang baik serta untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Desa Kandeh khususnya tuturnya.

Masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani dari Desa Kandeh “Beu Makmue” Kecamatan Seunagan Timur mengatakan, Penyuluhan Pertanian yang di selenggarakan oleh Satgas TMMD yang di sampaikan oleh narasumber sangat bermanfat sehingga kami menjadi lebih paham tentang pertanian.

Komentar

Loading...