Pangdam IM Tinjau Lokasi Kebakaran di Area Bukit Glee Taron

Aceh Besar, acehportal.com - Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin SH, SIP, SH meninjau langsung lokasi kebakaran hutan di area Bukit Glee Taron Mata Ie, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Rabu (25/7/18).

Diketahui, kebakaran lahan kering berupa semak belukar yang terjadi pada Selasa siang sekitar pukul 14.00 WIB, merupakan kebakaran pada lahan kering di sekitar areal Rindam IM dan dapat dipadamkan oleh Pemadam Kebakaran Banda Aceh dan Prajurit TNI Rindam IM dengan cepat dan sigap pada puul 16.00 WIB.

Dari Informasi yang didapat, sejauh ini bisa dipastikan penyebab kebakaran hutan tersebut disebabkan oleh cuaca yang ekstrem, kemarau yang tengah melanda Aceh serta suhu panas yang cenderung meningkat dan akibat angin kencang juga cuaca terik yang membuat titik api dengan cepat menyebar dan membesar.

Dari kebakaran itu, ada terdeteksi satu titik api saja yang sudah dapat diatasi. Kebakaran tersebut hanya berskala kecil saja tetapi asap yang mengepul membuat kebakaran tersebut terlihat besar. Sementara diketahui sektor kebakaran tersebut masih jauh dari area perkantoran Rindam IM, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerugian materiil.

Pangdam beserta jajarannya sudah meninjau ke sektor kebakaran dan menghimbau kepada Danrindam IM untuk mengambil langkah preventif agar kejadian tersebut tidak terulang kembali dengan menyiapkan alat pemadam kebakaran yang memadai, membuat pembatas tanggul dan memanfaatkan lahan tidur untuk dapat dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan untuk dapat mensejahterakan ekonomi Prajurit.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam menekankan untuk setiap prajurit tetap siaga dan waspada dalam menghadapi cuaca yang ekstrem, kemarau dan angin kencang yang tengah melanda Aceh serta dapat memberikan sosialisasi kepada warga sekitar, agar selalu waspada dan tanggap terhadap kebakaran lahan yang mungkin dapat terjadi.

Dalam peninjau tersebut Pangdam IM didampingi, Danrindam IM Kolonel Inf Niko Fahrizal, M.Tr (Han), Asiten Operasi Kasdam IM Kolonel Inf Wawan Irawan, Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda Kolonel Kav Rusdi SIP dan Wadanrindam IM Kolonel Inf Bram Abilowo.

Komentar

Loading...