Badan Legeslasi DPRA Bersama Para Ahli Bahas Penyempurnaan Hymne Aceh

Badan Legeslasi Bersama Para Ahli Bahasa Sempurnakan Hymne Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Badan Legislasi DPRA melanjutkan pembahasan Rancangan Qanun Aceh Tentang Hymne Aceh pada Rabu, 25 Juli 2018 pukul 10.00 WIB di Ruang Badan Anggaran DPRA.

Rapat tersebut dipimpin Ketua Badan Legislasi, Abdullah Saleh bersama para anggota DPRA. Turut hadir dalam pembahasan rancangan qanun tersebut Katibul Wali dan SKPA terkait serta para ahli dan akademisi.

Pembahasan yang berkembang dalam forum tersebut adalah penyempurnaan narasi Hymne tersebut disesuaikan dengan kosa-kata bahasa aceh yang benar. Amatan diruang rapat, sempat timbul pertanyaan terhadap penggunaan bahasa aceh yang tidak mewakili bahasa daerah lainnya.

Menanggapi hal tersebut Katibul Wali, Syaiba Ibrahim menggambarkan "mindset" tentang penggunaan bahasa indonesia dalam lagu Indonesia Raya, lagu yang kita semua mengerti dimana lagu ini digunakan sebagai pemersatu bangsa Indonesia.

"mengapa lagu Indonesia Raya tidak menggunakan semua bahasa daerah yang ada di Indonesia? demikian pula kita bangsa Aceh, kita gunakan bahasa Aceh sebagai bahasa pemersatu Aceh, pasti mayoritas warga Aceh yang walaupun berada dikepulauan dan dipedalaman Aceh bahkan warga keturunan yang tinggal di Aceh pun bisa bicara bahasa Aceh." Terang Syaiba.

Sementara Abdullah Saleh menjelaskan, Hymne Aceh salah akan digunakan sebagai lagu dalam pengibaran bendera Aceh. Selain itu, kata dia, penggunaannya juga diperuntukan untuk kegiatan lainnya, seperti pada upacara dan kegiatan daerah yang sifatnya tidak mengibarkan bendera.

“Misalnya acara di dalam gedung, setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, maka akan dinyanyikan Hymne Aceh,” jelasnya.

Penulis:redaksi
Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...