Kasdam IM Sampaikan Orasi Ilmiah pada Pelantikan Kepengurusan Impelmabar

Banda Aceh, acehportal.com – Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Ahmad Dhanil Chardin, SE memberikan Orasi Ilmiah pada pelantikan kepengurusan Ikatan Pelajar Mahasiswa Aceh Barat (Impelmabar) Banda Aceh Periode 2018 – 2020 di Gedung Amel convention Hall, Senin malam (23/07/18).

Dalam paparan orasi ilmiahnya, Kasdam menyampaikan tentang wawasan kebangsaan dan kepemimpinan.

Menurut Kasdam IM, wawasan kebangsaan adalah suatu sikap pandang atau cara pandang bangsa Indonesia yang melihat sesuatu untuk kepentingan bangsa Indonesia, dan ikatan integratif atas dasar profesi, kegiatan serta ide-ide dan cita-cita sosial politik bersama bangsa.

Selain itu, cara pandang bangsa tentang diri dan lingkungannya, didasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan nasional atau ideologinya serta kemungkinan penyesuaiannya di dunia yang dinamis (terus berubah).

Pada kesempatan tersebut, Kasdam juga menjelaskan “Proxy war”. Menurut Kasdam, Proxy war adalah perang dimana salah satu pihak menggunakan pihak ketiga atau kelompok lainnya, untuk berperang melalui berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Perang ini harus kita waspadai, karena aksi ini tidak dapat dikenali dengan jelas siapa kawan dan siapa lawan, karena musuh mengendalikan dari jauh Para mahasiswa harus selalu menjaga dan meningkatkan akhlak dan budi pekerti proxy war yang mesti diwaspadai, mulai dari teori kependudukan, tantangan masa depan dan upaya antisipasinya,” kata Kasdam.

Kepemimpinan, menurut Kasdam, menjadi seorang pemimpin yang sukses, ada tiga kunci, yaitu yang pertama harus memiliki kemampuan teknis khusus, kedua memiliki kemampuan analisa dan pembuatan keputusan, serta yang ketiga memiliki kemampuan Emotional.

“Yang sering dalam bisnis disebut Hardskills (1 dan 2) dan Softskills (3), dimana semakin keatas jabatan seseorang semakin banyak porsi softskills yang dibutuhkan,” kata Kasdam.

Sementara, Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS selaku pembina Ipelmabar meminta kepada mahasiswa Impelmabar agar terus bersatu. “Saya pinta Ipelmabar selalu sinergis dengan Pemkab Aceh Barat dalam berbagai program kerjanya,” pintanya.

Ia berharap agar komponen pemuda, pelajar, dan mahasiswa selalu berpikir kreatif, cerdas, dan solutif. “Jadikanlah Ipelmabar sebagai mitra kerja dalam setiap kegiatan untuk kepentingan daerah maupun masyarakat,” tukasnya.

Turut hadir pada pelantikan kepengurusan Impelmabar, Waaster kasdam IM, Ketua DPRA Aceh Barat, Staf Ahli Komisi III DPRRI, Perwakilan Praksi Partai PAN, Perwakilan Praksi Partai Gerindra, serta Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Aceh Barat.

Komentar

Loading...