Selama Pileg dan Pilpres, Dandim 0105/Abar: Tetap Jaga Netralitas TNI

Meulaboh, acehportal.com - Dandim 0105/Abar, Letkol Kav Nurul Diyanto Spd, mengingatkan kembali prajuritnya untuk menjaga Netralitas selama Pileg dan Pilpres 2019 khususnya di wilayah Aceh Barat.

“Bahwa Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI,” tegas Dandim saat memberikan pengarahan kepada prajurit di Makodim, Senin (23/7/18).

Ia juga menjelaskan pengertian dari netralitas TNI kepada prajuritnya.

“Netral artinya, tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak. Sedangkan Netralitas TNI yaitu, TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis,” kata Dandim.

Dandim menegaskan, apabila ada Prajurit TNI yang akan mengikuti Pemilu dan Pilkada harus membuat pernyataan mengundurkan diri dari dinas aktif (pensiun).

“Kalau ada prajurit yang mau ikut Pemilu dan Pilkada harus mengundurkan diri dari dinas aktif, sebelum tahap pelaksanaan Pemilu dan Pilkada (berdasarkan Surat Telegram Panglima TNI Nomor STR / 546 / 2006 tanggal 22 Agustus 2006),” katanya.

Menurutnya, Implementasi (pelaksanaan) Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada yakni hanya mengamankan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri.

“Khusus bagi prajurit TNI (isteri/suami/anak prajurit TNI), hak memilih merupakan hak individu selaku warga negara, institusi atau satuan dilarang memberi arahan di dalam menentukan pelaksanaan dari hak pilih tersebut,” tegasnya.

Komentar

Loading...