Ini Yang Direkomendasikan Kepada Pemerintah Aceh oleh Pansus III

Pansus III DPRA

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Berpengalaman dari pelaksanaan dana otonomi khusus terdahulu yang selalu menimbulkan persoalan di lapangan, mulai dari dokumen pendukung yang dikhawatirkan tidak sesuai kondisi ril lapangan, miskomunikasi antara SKPA dengan SKPK, kontraktor pelaksana yang tidak kompeten yang akhirnya meninggalkan persoalan yang tidak kunjung usai setelah kegiatan selesai dilaksanakan rekanan.

Ada beberapa hal yang dapat kami sampaikan dalam Sidang Paripurna DPR Aceh untuk ditindaklanjuti Pemerintah Aceh, antara lain :

Peningkatan kewenangan status beberapa ruas jalan kabupaten menjadi kewenangan jalan provinsi yang berada di Kabupaten Bireuen.

Peningkatan areal jaringan irigasi dalam rangka mendukung penambahan areal persawahanmelaluipeningkatan D.I Pante Lang Jaringan Irigasi Paya Laut dan Paya Jaloh guna mengatasi ketersedian air untuk sawah tadah hujan dari 6500 ha menjadi 7600 ha.

Untuk sektor pertanian diperlukan penyelesaian pembangunan irigasi supaya segera fungsional, antara lain:

Irigasi Mon Seuke Pulot di wilayah Kecamatan Peusangan yang belum tuntas pembangunannya selama 9 tahun (Irigasi Mon Seuke Pulot mengairi areal persawahan seluas 2.500 ha dari potensi areal yang ada seluas 3.125 ha untuk empat kecamatan wilayah tengah Kabupaten Bireuen, yaitu Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kuta Blang, Makmur dan Gandapura) yang dulunya dicetuskan oleh Gubernur Irwandi Yusuf.

Irigasi Alue Geureutut di wilayah Kecamatan Makmur yang perlu segera difungsionalkan. Irigasi tersebut mengairi tiga kecamatan di Kabupaten Bireuen dan sebagian wilayah Sawang Kabupaten Aceh Utara. Irigasi ini akan mampu mengairi areal seluas 2.142 ha dengan panjang saluran induk 8112 meter.

Irigasi di Aneuk Gajah Rheut perlu segera dituntaskan karena sudah 11 tahun sampai sekarang belum bisa difungsionalkan. Irigasi ini mengairi tiga kecamatan wilayah barat mulai Kecamatan Peudada, Plimbang dan Jeunib Kabupaten Bireuen seluas 1.652 ha dengan panjang saluran induk 3200 meter.

Penulis:redaksi
Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...