Pemerintah Pastikan Produk Pangan Segar Tak Terindikasi Alat Berbahaya

IMG-20180724-WA0044

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Pemerintah Aceh melalui Dinas Pangan Aceh bakal menguji laboratorium semua produk asal tumbuhan segar, hal itu untuk memastikan pangan Aceh layak dikonsumsi.

Kepala Dinas Pangan Aceh, Ilyas mengatakan, kedepannya semua produk pangan segar asal tumbuhan harus disertifikasi selayaknya, sehingga saat masyarakat mengkonsumsi tidak memiliki tingkat kewaspadaan secara berlebihan.

"Ini tugas kita bagaimana meyakinkan masyarakat semua produk asal tumbuhan aman untuk konsumsi sehari-hari," kata Ilyas kepada wartawan usai membuka acara Bimtek Jaminan mutu dan keamanan pangan bagi Poktan atau Gapoktan, di Hotel Hanifi Banda Aceh, Minggu malam (22/7).

Kata Ilyas, saat ini Dinas Pangan sudah mempunyai laboratorium sendiri untuk menguji setiap produk hasil pangan oleh para petani di Aceh. Dalam pengujian ini pihaknya juga melakukan kerjasama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) guna mendeteksi adanya penggunaan bahan berbahaya secara berlebihan.

"Hampir sebulan sekali dengan mengambil sampel daerah dan di uji di Lab kita," ujarnya.

Namun, lanjut Ilyas, pengujian yang dilakukan pada dinas berbeda dengan di BPOM yang lebih menguji bahan olahan, tetapi kalau dinas melakukan uji laboratorium terhadap pangan segar asal tumbuhan yang belum diolah seperti produk industri yang ada.

"Harapan kita kedepan bahan pangan tetap steril dan layak di konsumsi masyarakat," tuturnya.

Penulis:RM
Rubrik:Ekonomi

Komentar

Loading...