Babinsa dan Petani Terima Pengarahan dari Tim Sergap Pusterad

Aceh Tamiang, acehportal.com – Babinsa Kodim 0117/Aceh Tamiang dan perwakilan kelompok tani sewilayah Aceh Tamiang menerima pengarahan dari tim serap gabah (Sergap) Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad).

Pengarahan dari Kolonel Inf Henry dan Kolonel Chb M. Hermanus tersebut, berlangsung di aula Makodim 0117/Atam, Desa Sungai Liput, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (19/07/2018).

Selain Babinsa dan perwakilan kelompok tani,  pengarahan tersebut juga dihadiri Kepala Staf Kodim 0117/ Atam Mayor Inf Aidul Ayani, para Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0117/ Atam, Kepala Dinas pertanian Kab. Aceh Tamiang Safuan P, Kadis Gasarada PP M. Syafram Syah.

Kolonel Inf Henry dalam pengarahan menyampaikan, bahwa bahan pangan yang dihasilkan oleh para petani untuk seluruh rakyat Indonesia kurang maksimal, dikarenakan kondisi masyarakat Indonesia didaerah-daerah pedalaman saat ini, masih banyak angka kemiskinan yang bermunculan.

Sebagai daerah yang terpencil,  Kolonel Inf Henry berpesan kepada petani wilayah Aceh Tamiang agar bisa mencontoh daerah yang menghasilkan panennya tiga sampai dengan empat kali panen pertahunnya.

“Kita harus bisa mencontoh daerah lain, seperti di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah. Mereka menanam padi seluas 1 H bisa mendapatkan hasil kurang lebih 10-12 Ton per tiap panennya. Jika pertahunnya dapat tiga sampai empat kali panen dengan luas lahan 1 H, pasti kita bisa menghasilkan berpuluh Ton,” katanya.

“Untuk itu, saya meghimbau dan berharap kerjasamanya di setiap instansi pemerintah untuk meningkatkan swasembada pangan, guna menekan angka kemiskinan yang ada di daerah (Aceh Tamiang) kita ini,” ucapnya.

Sementara Kolonel Chb M. Hermanus, mengajak aparatur pemerintah untuk mendukung program-program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga dengan hadirnya bapak dan ibu sekalian sekarang ini bisa menjadi pemicu dan penyemangat bagi para petani kita. Apabila ada kekurangan dan kendala silahkan berkoordinasi dengan instansi terkait khususnya pada Babinsa yang selalu mendampingi para petani dan penyuluh yang turun di lapangan,” imbuhnya.

Dalam pengarahan tersebut, juga diadakan sesi tanya jawab. Amatan lokasi, beberapa kelompok tani tunjuk tangan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pertanian dan sekaligus meminta sedikit arahan dan bimbingan kepada tim Sterad.

Komentar

Loading...