Usai Transaksi 30 Bal Ganja, 3 Perantara Ditangkap di Lamteuba

Personel Sat Resnarkoba Polres Aceh Besar mengamankan tiga penyalaguna ganja di kawasan Lamteuba

ACEH BESAR, ACEHPORTAL.COM -- Personel Sat Resnarkoba Polres Aceh Besar mengamankan tiga penyalaguna ganja di kawasan Lamteuba, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, Selasa (17/7/2018) malam sekira pukul 20.15 WIB. Ketiganya diketahui sebagai pengguna sekaligus perantara transaksi besar yang baru dilakukan.

Kapolres Aceh Besar, AKBP Heru Suprihasto melalui Kasat Resnarkoba, Iptu Yusra Aprilla mengatakan, ketiga tersangka yang ditangkap yakni AW (25), Swasta, warga kecamatan Seulimuem dan ML (33), Swasta, warga Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

"Satu tersangka lagi adalah FZ (40), Petani, yang juga warga Seulimuem," ujar Kasat saat dikonfirmasi Kamis (19/7/2018) siang melalui telepon seluler.

Dijelaskan, pelaku ditangkap atas informasi masyarakat yang selama ini resah dengan peredaran barang haram itu kawasan tersebut. Dari penangkapan ini, polisi mengamankan barang bukti 500 gram (setengah kilogram) ganja kering yang merupakan barang sisa dari 30 bal ganja yang sebelumnya dikirim.

"Awalnya kita tangkap FZ di rumahnya, saat kita gerebek ada dua tersangka lain yakni ML dan AW di dalam rumah. Kita interogasi, ternyata diketahui ketiganya bertemu di rumah FZ seusai transaksi besar yakni sebanyak 30 bal," ungkap Kasat.

FZ mengaku bahwa ML dan AW mengambil 30 bal ganja itu kepada dirinya untuk dikirimkan ke Medan, Sumatera Utara. Tersangka FZ sendiri selaku perantara pertama, memperoleh ganja ini dari AR selaku pengepul yang kini masih buron.

"ML dan AW selaku perantara kedua, setelah mengambil ganja dari FZ diserahkan ke Jack (nama panggilan) selaku kurir yang kemudian diantar Jack ke Medan menggunakan bus. Jack juga buron, tapi kita sudah berhasil menjalin komunikasi dengan dia via telepon perantara kedua," jelas Iptu Yusra.

Satu bal ganja ini dihargai sebesar Rp 150 ribu yang berarti 30 bal ganja yang dijual ke Medan senilai Rp 4,5 juta. Setengah kilogram ganja yang diamankan di rumah FZ sendiri, diakui merupakan barang sisa dari 30 bal ganja yang dikirim ke Medan dan rencananya digunakan ketiga tersangka bersama-sama.

"Ini masih kita kembangkan, dua tersangka lain selaku pengepul dan kurir yakni AR dan Jack masih terus kita kejar, nanti kalau ada perkembangan akan kita informasikan," tambah Iptu Yusra Aprilla.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...