Puluhan Petani Aceh Barat Belajar Metode Pertanian Organik

acehportal.com

Meulaboh, Acehportal.com- Dalam rangka menghasilkan hasil pertanian yang berkualitas dengan tidak merusak lingkungan, para petani padi di wilayah operasional PT Mifa Bersaudara Aceh Barat melakukan kunjungan lapangan untuk belajar metode pertanian organik dan penangkaran benih bersama kelompok tani "Subur" Lubuk Bayas Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Selasa (17/7/18).

Salah seorang petani, Usman B yang juga merupakan Ketua Koperasi Tani Gampong Buloh, pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas program PT Mifa Bersaudara dan Pemerintah Aceh Barat karena telah memberikan pembelajaran dan pembinaan yang telah dirasakan mereka selama ini, terlebih atas program kunjungan tersebut.

Ia berpesan, para petani lainnya bisa menimba ilmu yang mereka peroleh melalui kunjungan ini serta dapat menerapkan kembali bagi  para petani yang ada disetiap kampung masing-masing.

“Kami sangat berharap kepada Pemerintah, pihak mifa, ataupun sektor swasta lain agar kedepan program-program seperti ini dapat diteruskan, dan kami diikutsertakan lagi dan siap dimagangkan untuk lebih memahami tentang pertanian organik ini menjadi lebih matang lagi,”harapnya.

Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hortikultura Dinas Pertanian Aceh Barat, Siti rahma yang turut mendampingi kunjungan tersebut berpesan, agar para petani menjadi lebih mandiri dengan adanya kunjungan ini, dan mengedepankan kualitas hasil pertanian dengan menggunakan metode organik seperti yang dilakukan oleh para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Subur Lubuk Bayas tersebut.

"Selain menjaga lingkungan, pertanian organik ini kita harap agar dapat digunakan oleh para petani kita untuk menghasilkan produk yang berkualitas sehingga kita sama-sama memiliki mimpi besar agar produksi pertanian Aceh Barar dapat dipasarkan dan dikenal dunia,”paparnya.

CSR & Media Relations Manager PT Mifa Bersaudara Azizon Nurza menjelaskan bahwa program ini merupakan langkah membangun mimpi besar PT Mifa Bersaudara untuk mendorong peningkatan produksi dan kualitas petani dengan menghasilkan produk beras yang sehat di selitar wilayah operasional perusahaan.

“Metode pertanian organik ini, sudah diterapkan disebagian tempat dan menghasilkan produk yang berkualitas, kami juga berharap agar produksi pertanian yang berada di sekitar wilayah Mifa juga harus seperti ini sehingga mutu pertanian Aceh Barat nantinya dapat menjadi contoh bagi para petani lainnya khususnya di Provinsi Aceh,”tandasnya. (rilis)

Penulis:dan
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...