Anak Dibawah Umur Tersangka Curanmor

acehportal.com

Meulaboh, Acehportal.com- Kepolisian Sektor (Polsek) Meureubo, menangkap seorang anak dibawah umur berinisial SD (15) warga Aceh Barat diduga melakukan tindak pidana pencurian sepeda motor (Curanmor), milik warga Desa Pasie Aceh Baroh, Kecamatan Meureubo kabupaten setempat.

Selain mengamankan SD, petugas juga berhasil menangkap FM (24) warga Desa Kampung Air, Kecamatan Simeulue Teungah, Kabupaten Simuelue, pada tanggal 16 Juli 2018 lalu. Kedua pelaku ini memiliki keterkaitan atas kasus tindak pidana Curian Motor (Curanmor) yang terjadi di daerah Kecamatan Meureubo, Aceh Barat.

“Sudah setahun, keduanya menjadi buronan petugas kita. Alhasil, berkat laporan pemilik sepeda motor akhirnya pelaku ini kita berhasil tangkap,”kata Kapolres Aceh Barat, AKBP H, R Bobby Aria Prakasa melalui Kapolsek Meureubo, Ipda Erlando Maruli, Kamis (19/7/2018) di Mapolsek.

Dia menjelaskan, pengejaran dilakukan setelah petugas mendapat laporan dari pemilik sepeda motor. Dari laporan tersebut petugas berupaya menyelidiki untuk memastikan lokasi tersangka sebelum melakukan tindakan pengerebakan.

Setelah mendapat laporan, petugas diterjunkan di lokasi untuk melakukan penyelidikan. Pada tanggal 16 Juli 2018, pihak Polsek berhasil mengamankan dua tersangka dilokasi terpisah, bahkan seorang diantaranya masih anak dibawah umur.

Selain tersangka, petugas berhasil mengamankan satu unit motor merek Honda Beat dengan nomor kendaraan BL 5398 EW serta satu unit handphone. “Sepeda motor yang kita amankan pada saat itu, berada di sebuah rumah kosong yang sengaja disembunyikan. Tapi, kita belum memastikan apakah sepeda motor itu akan dijual atau tidak karena masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut,”terangnya.

Usai menjalani pemeriksaan, SD mengaku tindakan yang dilakukan ini atas kemauannya sendiri atau tanpa ada paksaan dari pihak lain. Atas perbuatanya, pelaku dijerat tujuh tahun penjara sesuai dengan kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Walaupun demikian, SD tidak ditahan pihak kepolisian, tapi ia wajib melapor selama proses hukum terhadap dirinya. (dan)

Penulis:dan
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...