Tontangkas Kodam IM, Secara Resmi Ditutup

Aceh Besar, acehportal.com – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, SH, S.I.P, MH secara resmi menutup lomba Peleton Tangkas (Tontangkas) Kodam Iskandar Muda di lapangan hijau Rindam Iskandar Muda, Minggu (15/7/18).

Sebelum lomba ditutup, Pangdam IM berserta tamu undangan yang dihadiri Kasdam, Irdam, Danrindam, Danrem 011/LW dan 012/TU, Danbrigif 25/Siwah, para Pa Ahli, Asisten, Kabalakdam, LO AL, LO AU dan para Dansat jajaran Kodam Iskandar Muda menyaksikan pertandingan yang terakhir dilaksanakan, yakni materi Halang Rintang (HR).

Pangdam IM mengatakan, lomba Ton Tangkas ini merupakan suatu upaya dari pimpinan Kodam Iskandar Muda untuk menyiapkan dan meningkatkan kemampuan, ketrampilan serta ketangkasan prajurit yang ada di satuan.

“ Lomba Ton Tangkas juga salah satu kegiatan pembinaan satuan yang bertujuan untuk mewujudkan satuan yang siap operasional dalam melaksanakan tugas pokok secara berhasil dan berdaya guna,” kata jenderal bintang dua ini.

Selain itu, kata Pangdam IM, lomba peleton tangkas Kodam Iskandar Muda, untuk mengetahui sejauh mana pembinaan satuan yang telah dilaksanakan oleh para Dansat dan bagaimana upaya para Dansat selama ini untuk menyiapkan dan meningkatkan kemampuan satuan yang siap operasional.

“ Lomba Ton Tangkas ini juga sebagai ajang seleksi dan kompetisi internal guna menyiapkan kontingen Peleton Tangkas Kodam Iskandar Muda dalam menghadapi event Peleton Tangkas ditingkat TNI AD yang akan datang,” kata Pangdam.

Pangdam IM berharap kepada Dansat, agar lomba Tontangkas ini dijadikan sebagai sarana untuk mengevaluasi semua aspek, termasuk kepemimpinan.

“Oleh karena itu, saya tekankan kepada para Dansat untuk melatih prajuritnya secara profesional dengan metode latihan lapangan yang kreatif, inovati dan sesuai tahapan yang benar,” pesan Pangdam IM kepada para Dansat.

Menurut Pangdam, apabila membina satuannya dengan benar, akan menghasilkan kualitas kemampuan dan keterampilan perorangan yang berkualitas, serta kekompakan dan kerjasama satuan yang baik antara unsur pimpinan dan anak buah.

“Perpaduan dari kemampuan dan kekompakan itulah yang akan sangat menentukan pencapaian prestasi pada lomba Ton Tangkas,” kata Pangdam.

“Jadi, saya harapkan kegiatan lomba Ton Tangkas ini dapat dijadikan sebagai pemicu semangat untuk berusaha dan berlatih lebih keras lagi. Berlatih, berlatih dan terus berlatih, serta bertekad untuk memberikan yang terbaik kepada satuan kalian dan TNI AD,” pesan Pangdam IM, Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, SH, S.I.P, MH kepada seluruh prajurit Kodam IM.

Seperti diberitakan sebelumnya, materi lomba Tontangkas Kodam IM yang diselenggarakan selama enam hari, mulai 9 sampai 14 Juli 2018 di Rindam IM tersebut, antaralain materi renang militer (Renmil), kesegaran Jasmani, (Garjas), menembak Pistol dan Senapan, Ilmu Medan (Teori/Prakter), Lintas Medan, Halang Rintang (HR).

Dari enam materi yang dilombakan dan diikuti delapan satuan dari satuan tempur dan Bantuan Tempur itu, akhirnya juara I diraih oleh Yonif Raider Khusus 111/KB dengan point (93) , juara II diraih Yonif 116/GS (73) dan juara III diraih Yonif Raider 112/DJ (61).

Komentar

Loading...