Gempabumi Tektonik M=4.1 Dirasakan Di Takengon – Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan Edison Kurniawan dalam rilisnya menjelaskan, pada hari Senin, 16 Juli 2018, pukul 12:50:28 WIB, Kabupaten Bireun diguncang gempabumi tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4.1 dengan posisi episenter pada koordinat 4.77 LU dan96.49 BT, tepatnya di darat pada jarak 42 km BaratDaya Kabupaten Bireun-Aceh pada kedalaman 17 km. Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Takengon dengan intensitas gempabumi I-II SIG-BMKG (II-III MMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan. Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas sesar Aceh. Kepada masyarakat disekitar Takengon, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG.

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan Edison Kurniawan dalam rilisnya menjelaskan, pada hari Senin, 16 Juli 2018, pukul 12:50:28 WIB, Kabupaten Bireun diguncang gempabumi tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4.1 dengan posisi episenter pada koordinat 4.77 LU dan96.49 BT, tepatnya di darat pada jarak 42 km BaratDaya Kabupaten Bireun-Aceh pada kedalaman 17 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Takengon dengan intensitas gempabumi I-II SIG-BMKG (II-III MMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan.

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas sesar Aceh.

Kepada masyarakat disekitar Takengon, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG.

Penulis:ded
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...