Diterpa Angin Kencang, Sejumlah Pohon Tumbang dan Bangunan Rusak di Aceh Besar

Angin kencang landa wilayah Aceh

ACEH BESAR, ACEHPORTAL.COM - Di wilayah Aceh Besar, sejumlah pohon tumbang dan bangunan rusak akibat diterpa angin kencang yang melanda dalam beberapa hari ini. Hal ini terjadi di 10 kecamatan di Aceh Besar sejak kemarin dan hari ini.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil melalui petugas Pusdalops, Iqbal mengatakan, ada belasan hingga puluhan rumah mengalami rusak ringan hingga berat karena diterpa angin kencang sejak kemarin.

"Di kecamatan Darul Kamal, atap puskesmas setempat rusak berat karena diterpa angin. Ada 4 atap rumah warga yang rusak berat dan ringan, termasuk satu pohon tumbang yang menimpa kabel listrik," ujarnya Rabu (11/7/2018) dinihari.

Sementara di kecamatan Sukamakmur, hanya satu pohon tumbang dan satu atap rumah warga mengalami rusak ringan. Begitu pun pun di kecamatan Baitussalam, atap pos pemadam kebakaran BPBD Aceh Besar rusak ringan akibat diterpa angin kencang.

"Di kecamatan Kota Jantho ada kios kelontong dan warung kopi yang atasnya rusak ringan serta satu pohon tumbang. Di Pekan Bada, ada 5 atap rumah dan rumah makan yang rusak ringan dan sedang, termasuk ada rumah yang rusak meteran listriknya karena terkena hempasan atap (seng) akibat angin, kubah menara Masjid Babut Taqwa rubuh diterpa angin," jelasnya.

Di kecamatan Simpang Tiga, tiga rumah warga mengalami rusak atap ringan dan sedang serta satu pohon tumbang. Begitu pun satu pohon tumbang di kecamatan Ingin Jaya. Di Darul Imarah, satu pohon tumbang, dua atap rumah warga rusak sedang dan ringan.

"Di Indrapuri 3 atap rumah warga rusak, di Kuta Cot Glie atap Meunasah Gampong Keumireu hancur tertimpa cabang pohon yang patah. Tidak ada korban jiwa dari semua peristiwa, hanya kerusakan materi," kata Iqbal.

Hingga kini, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Aceh Besar masih bersiaga dan membantu masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan akibat dihantam angin kencang atau cuaca ekstrim. Dalam penanganannya, tim dibantu sejumlah instansi terkait lain seperti TNI/Polri, Dinas PU, Basarnas, PLN dan lainnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...