Pangdam IM Isi Ceramah Ramadhan di Mesjid Raya

Banda Aceh, acehportal.com - Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin SH, S.I.P, MH menjadi penceramah sebelum melaksanakan sholat tarawih dan witir di Masjid Raya Baiturrahman. Senin (21/5/18).

Dalam ceramahnya Pangdam mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menampilkan sikap islami sebagai Ummmatan Wahidatan dan Khoiru Ummah. Dalam menanamkan sikap tersebut kita harus dapat mengimplementasikan dengan sikap cinta tanah air yang dapat dilihat dari adanya rasa memiliki, bangga , menghargai menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap manusia yang tinggal didalamnya, hal ini tercermin dari sikap membela dan menjaga kepentingan bangsa dan negara, mencintai adat atau budaya yang ada dan juga menjadikan negeri yang aman dan sentosa.Pangdam mengatakan, puasa membawa pengaruh yang besar terhadap perubahan fisik bagi yang konsisten melaksanakannya atas dasar iman dan ketaqwaan terhadap allah swt, ibadah puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita semua, juga dapat menangkal segala macam penyakit yang mengikis banyak jaringan dan sel-sel dalam tubuh manusia, puasa juga dapat dapat mengontrol emosional dan menekan nafsu amarah.

Lanjut Pangdam, ibadah puasa yang kita laksanakan juga dapat berdampak pada kokohnya kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Begitu juga dalam mengawal dan menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia adalah tugas seluruh rakyat indonesia.

“ untuk itu bangsa indonesia harus selalu bersatu mempertahankan keutuhan wilayah NKRI. Ancaman terhadap suatu daerah adalah ancaman terhadap seluruh bangsa indonesia. NKRI sekarang ini dapat diibaratkan seperti sesosok tubuh yang setiap saat mudah terserang berbagai macam penyakit,” ujar Pangdam.Pangdam menyebutkan, sejak proklamasi kemerdekaan negara kesatuan republik indonesia telah mengalami berbagai macam gangguan, hambatan dan tantangan baik yang berasal dari luar maupun dari dalam negeri, yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, tetapi berkat tekad yang kuat dari seluruh komponen masyarakat, kita sampai sekarang dapat mempertahankan keutuhan dan kesatuan negara republik indonesia.

“ Oleh karena itu, mari kita terus memupuk kebersamaan dan merawat perbedaan sebagai sumber kekuatan yang dilandasi oleh semangat keagamaan yang kuat dengan selalu tetap menjaga kedaulatan, keutuhan dan mencintai bangsa dan negaranya “hubbul wathan minal iman” (mencintai bangsa/tanah air adalah sebagian dari iman”, tutup Pangdam.

Sholat tarawih dan witir turut dihadiri, Kasdam IM, Kapendam IM, Asintel Kasdam IM, Kabintal serta masyarakat dan para jamaah Sholat tarawih dan witir.

Komentar

Loading...