Warga Lambaro Temukan Mortir Diduga Peninggalan Zaman Belanda

Mortir peninggalan jaman belanda

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sebuah benda diduga bom jenis mortir seberat 20 kilogram dengan panjang 30 sentimeter dan berdiameter 15 sentimeter ditemukan warga di kawasan Gampong Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (11/4/2018) kemarin, sekira pukul 10.00 WIB.

Mortir itu ditemukan di belakang sebuah toko milik Fahrulrazi (34) oleh seorang karyawan toko bernama Hendra Eka Saputra (28). Diduga, mortir tersebut peninggalan zaman Belanda saat perang dunia kedua.

Menurut informasi yang dihimpun Kamis (12/4/2018), pada Minggu (8/4/2018) sore lalu, Hendra dan rekannya bernama Kamaruddin (23) sedang memancing di kawasan Krueng Raya, Aceh Besar. Saat menaiki bukit, ia melihat sebuah besi tertanam di tanah dan mencungkil besi tersebut.

Besi yang ditemukan pun berbentuk bulat dan merancang. Hendra kemudian membawa temuannya itu ke tempat berteduh yang kemudian dimasukkan ke dalam tas sandang yang dikenakannya. Temuannya itu lalu dibawa pulang dan diletakkan di belakang toko tempat ia bekerja.

Fahrulrazi selaku pemilik toko yang mengetahui hal itu menduga bahwa benda yang ditemukan karyawannya adalah bom. Ia pun melaporkan hal itu ke Mapolsek Ingin Jaya, yang kemudian diteruskan ke Unit IV Sat Intelkam Polresta Banda Aceh.

Polisi yang tiba di lokasi setelah mendapat laporan pun kemudian melakukan pengecekan dan ternyata benar bahwa benda itu merupakan bom yang diduga dari peninggalan zaman Belanda saat perang dunia kedua.

Selanjutnya, mortir itu dievakuasi dan diamankan oleh tim Subden I Den Gegana Unit Jibom Sat Brimob Polda Aceh. Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh, AKBP Trisno Riyanto dan Kapolsek Ingin Jaya, AKP Nuzul Fitra belum menjawab saat dikonfirmasi.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...