Di Aceh, 223 Peserta Ikut Seleksi Calon Petugas Haji Tahap Pertama

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, M Daud Pakeh menyebutkan sebanyak 223 peserta di seluruh Aceh mengikuti Ujian Seleksi Calon petugas Haji untuk formasi petugas kloter Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan petugas non kloter Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) tahun 2018 M/1439 H yang dilaksanakan secara serentak di masing-masing Kantor Kemenag kabupaten/kota, hari ini, Kamis (29/3).

Hal tersebut disampaikan Daud Pakeh usai meninjau pelaksanaan ujian di Asrama Haji Embarkasi Aceh di Banda Aceh. “Secara keseluruhan pelaksanaan ujian tes calon petugas haji tahap pertama  berjalan lancar yang diikuti oleh 223 peserta di seluruh Aceh,” ujar Kakanwil didampingi Ketua Panitia Rekruitmen Petugas Haji Aceh, Mukhzi Abdullah.

Secara rinci Daud Pakeh menjelaskan peserta dari seluruh Aceh untuk formasi TPHI berjumlah 88 orang, TPIHI 64 peserta dan PPIH Arab Saudi 71 peserta.

“Berdasarkan laporan dari panitia kita di daerah ada beberapa peserta yang absen tidak mengikuti Ujian, jadi mereka yang tidak hadir dianggap gugur,sedangkan di provinsi, 59 peserta dari unsur Kanwil,  juga dari dayah,  kampus,  dan ormas Islam," ” ungkapnya.

Selain itu, Daud Pakeh juga mengatakan bahwa pengumuman kelulusan tahap pertama ini akan diumumkan pada 9 April 2018 mendatang melalui Website Kemenag Aceh dan bagi peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti ujian kompetensi tahap ke II di Banda Aceh.

“Ujian tahap kedua, selain ujian tulis juga ada wawancara dan praktek, untuk ujian tulis menggunakan sistem CAT,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa dari hasil ujian tahap pertama ini, hanya 113 calon peserta yang berhak mengikuti ujian seleksi tahap yang akan di laksanakan pada Kamis (12/4/2018) di Asrama Haji Embarkasi Aceh, Banda Aceh.

Daud Pakeh berharap kepada peserta yang lulus atau petugas terpilih tahun ini harus lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji.

“Bagi yang petugas yang lulus, siapkan diri untuk mengabdi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada  masyarakat sebagai tamu Allah,” katanya.

Seperti diketahui, pada tahun ini Kemenag Aceh mendapat jatah 27 orang petugas Haji, dengan rincian 11 petugas TPHI, 11 petugas PPIHI dan 5 petugas PPIH Arab Saudi.

Penulis:Dedi
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...