PNA Buka Pendaftaran Bacaleg, Ini Persyaratanya

Konferensi pers pembukaan pendaftaran Bacaleg PNA

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM – Partai Nanggroe Aceh (PNA) mulai  membuka pendaftaran bagi putra putri terbaik Aceh untuk mendaftarkan diri  menjadi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR Aceh dan DPR Kabupaten/Kota.

“Pembukaan pendaftaran Bacaleg mulai dibuka tanggal 28 Maret sampai 28 Mei 2018” ujar  Ketua Harian PNA Samsul Bahri yang akrab dipanggil Tiyong pada konfrensi pers yang berlansung di Media Center PNA, Banda Aceh,  Selasa (27/3/18).

Ia mengatakan ada beberapa katagori syarat  harus dilewati bagi  Bacaleg. Antaranya  syarat umum yang dipenuhi sesuai dengan peraturan perundang-ungdangan yag berlaku. Sedangkan untuk syarat khususnya yakni terdaftar sebagai anggota PNA satu tahun sebelum pemilihan.

Selain itu, Sebut Tiyong, Bacaleg harus mampu membaca Al- Qur’an dan cakap berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia. Serta memiliki tim sukses minimal 100 orang untuk Bacaleg DPRK dan minimal 500 orang untuk Bacaleg DPR Aceh.

Selanjutnya, bagi yang dinyatakan lulus harus komitmen mengikuti latihan kader dasar dan rekomendasi  tertulis dari salah satu DPK PNA daerah  pemilihannya. Serta mengikuti pembekalan strategi pemenangan Caleg dan Juru kampanye dalam rangka pemenagna pemilu yang dilaksanakan oleh DPP PNA.

Untuk terakhir , kata Tiyong, Bacaleg harus memiliki interitas, loyalitas, dan kapasitas serta kemampuan finansial sebagai  Bacaleg.

“Bacaleg DPR Kabupaten/Kota Dapat mendaftarkan diri  secara langsung kepada Tim Administrasi  dan verifikasi di kantor masing-masing  DPW PNA Kabupaten/ Kota . Sedangkan Bacaleg DPR Aceh mendaftarkan ke Kantor DPP PNA”, terang Tiyong.

Setelah itu, kata Tiyong, Tim Administrasi akan meneliti dan menilai keabsaan syarat dan kelengkapan dokumen Bacaleg sesuai perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk bakal calon caleg akan diseleksi oleh tim dari DPP PNA, Akademisi kampus serta dari tim Independen pilihan” ungkapnya.

Penulis:dedi
Rubrik:Politik

Komentar

Loading...