Kodam IM adakan Pelatihan Kader Pembina Wisata Matematika Belanegara

Kodam IM adakan Pelatihan Kader Pembina Wisata Matematika Belanegara

Banda Aceh, acehportal.com – Kodam Iskandar Muda mengadakan pelatihan Kader Pembina Wisata Matematika Belanegara 2018 di Ruang TMMD, Kodam IM, Banda Aceh, Selasa (27/3/18).

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari itu, dibuka oleh  Wakil Aster Letkol Inf Haris Siregar dan diikuti 130 prajurit yang menjabat Kasiter Korem, Pasiter kodim dan Babinsa jajaran Kodam Iskandar Muda.

Kegiatan ini mengusung tema ini “Melalui pelaksanaan pelatihan kader pembina wisata matematika bela negara kita tingkatkan kemampuan prajurit TNI AD guna mendukung upaya penguatan karakter bangsa dan kesadaran bela negara”.

Pelatihan Kader Pembina Wisata Matematika Bela Negara tersebut untuk membekali dan menyiapkan prajurit TNI AD sebagai pembina dalam pelaksanaan kegiatan wisata matematika bela negara di wilayah satuan komando kewilayahan di jajaran Kodam Iskandar Muda.

Sehingga pejabat Kasiter Korem, Pasiter kodim dan para Babinsa jajaran Kodam Iskandar Muda dan memahami, dan mampu memberikan materi cara berpikir suprarasional, penguatan karakter bangsa, permainan wisata matematika bela negara dan Out Door Activity dalam kegiatan wisata matematika bela negara di wilayah satuan masing-masing.

Wakil Aster Letkol Inf Haris Siregar menjelaskan, pelaksanaan Pelatihan Kader Pembina Wisata Matematika Bela Negara merupakan hasil kerjasama TNI AD dengan Klinik MIPA yang dimaksudkan membina kesadaran dan kemampuan bela negara bagi setiap warga negara Indonesia, khususnya para pelajar untuk penguatan jati diri bangsa yang berkepribadian berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang silaturahmi guna menjalin kedekatan dan keakraban antara TNI dan Masyarakat dalam rangka menciptakan kemanunggalan TNI-RAKYAT.

“Selanjutnya melalui kegiatan wisata matematika bela negara diharapkan akan menguatkan karakter bangsa bagi generasi muda ataupun penerus bangsa  untuk menjaga eksistensi bangsa Indonesia,” jelas Wakil Aster Letkol Inf Haris Siregar.

Sementara Pemateri Drs.H.M Arodhi menjelaskan kepada peserta target wisata matematika bela negara yaitu, bagaimana pelajar memahami perilaku Bela Negara yang harus dilakukan melalui pendekatan berpikir Supra Rasional, memahami  Nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, Sejarah Perjuangan Bangsa, Bhineka Tunggal Ika melalui Permainan Matematika Bela Negara, memiliki jiwa gotong royong dan tolong menolong dengan sesama.

Komentar

Loading...