Aksi Penolakan UU MD3 di Gedung DPRA Ricuh

Aksi mahasiswa bentrok di kantor DPRA

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Aksi sejumlah mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Peduli Rakyat menolak UU MD3 di Gedung DPRA berlangsung ricuh. Selasa (27/3/2018).

Mahasiswa terlibat bentrok dengan pihak keamanan yang mengawal aksi tersebut. Awalnya aksi berjalan damai, namun tiba tiba mahasiswa berusaha memaksa masuk ke dalam ruang paripurna DPRA yang pada saat itu sedang kosong.

Aksi mulai memanas ketika para mahasiswa bertemu dengan Ketua DPR Aceh Tgk. Muharudin dan sejumlah anggota dewan lainya. Para mahasiswa meminta kepada ketua DPR Aceh untuk memfasilitasi mereka masuk ke dalam ruang sidang paripurna membacakan isi tuntutan.

Namun keinginan tersebut ditolak oleh pihak dewan. Beberapa kali negosiasi berlangsung tapi tidak membuahkan hasil. Salah seorang anggota dewan dari komisi I Iskandar Usman Alfarlaky menyampaikan, pada prinsipnya sikap DPR Aceh juga sejalan dengan para mahasiswa. DPR Aceh juga menolak UU MD3.

"Kita pada prinsipnya juga sepakat menolak. Namun aksi ini harus berlangsung tertib tidak ricuh. Kalau mau baca isi tuntutan boleh di hadapan kami, kita terima. Apa bedanya di depan sini sama di dalam ruang sidang paripurna?" ujar Iskandar yang merupakan ketua Fraksi Partai Aceh.

Para mahasiswa tetap pada keinginannya, mereka tetap ingin memasuki gedung rapat paripurna. Tidak lama berselang, para mahasiswa kemudian tersulut emosi dan merangsek masuk ke ruang sidang paripurna melalui pintu masuk di depan gedung.

Aksi tersebut langsung dihalangi oleh Posisi dan Satpol PP serta anggota TNI. Aksi dorong pun tidak terhindarkan. Para mahasiswa terlibat adu jotos dengan aparat, satu orang mahasiswa mengalami luka di bagian kepala.

Polisi berhasil mengendalikan keadaan, para mahasiswa pun mundur teratur dan membentuk barisan di halaman gedung. Sikap kekecewaan para mahasiswa berlanjut, mereka kemudian membakar keranda dan ban dipekarangan gedung DPRA.

Tidak hanya itu, para mahasiswa juga mencoba untuk menurunkan bendera merah putih di depan gedung DPR Aceh, namun upaya itu dihalangi oleh aparat keamanan.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...