Tiga Mobil Bermuatan Ratusan Batang Kayu Ilegal Diamankan di Nagan Raya

Ilustrasi kejahatan hutan

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Nagan Raya mengamankan tiga unit mobil bermuatan ratusan batang kayu ilegal di kawasan Gampong Pulo Raga, Kecamatan Beutong, Nagan Raya, Jumat (16/3/2018) dinihari, sekira pukul 02.00 WIB.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Giyarto melalui Kasat Reskrim, AKP Bobby Putra Ramadhan Sebayang mengatakan, ketiga mobil jenis Helin dan Taft tersebut diduga mengangkut dan menguasai atau memiliki hasil hutan kayu yang tidak dilengkapi dokumen yang sah, dari hasil hutan.

"Sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 12 huruf (e) Jo Pasal 83 Ayat (1) huruf (b) UU RI Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan serta Pengrusakan Hutan," ujarnya saat dikonfirmasi Minggu (18/3/2018).

Selain tiga unit mobil bermuatan kayu, polisi juga mengamankan tiga orang yang saat ini masih diperiksa dan statusnya ditetapkan sebagai saksi, yakni TU (30), Petani, warga Kecamatan Seunagan, SY (49), Petani dan JM (26), Sopir, warga kecamatan Beutong.

"Penangkapan dilakukan saat personel melakukan patroli di kawasan tersebut dan melihat 3 unit mobil helin bernopol BL 925 AV, BL 588 JV dan BL 349 NN sedang melintas membawa kayu olahan," kata Kasat Reskrim.

Kemudian, petugas pun langsung memeriksa dengan menanyakan dokumen yang sah atas pengangkutan kayu olahan tersebut. Ketiganya tidak dapat menunjukan dokumen yang sah atas pengangkutan kayu, sehingga petugas membawa ketiganya beserta barang bukti ke Mapolres Nagan Raya untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

"Barang bukti yang diamankan berupa 26 batang kayu yang diangkut mobil helin bernopol BL 925 AV, 68 batang kayu yang diangkut mobil Taft bernopol BL 349 NN dan 36 batang kayu yang diangkut mobil helin bernopol BL 588 JV," jelasnya.

Saat ini, ketiganya beserta barang bukti masih diamankan di Mapolres Nagan Raya, guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. "Kita masih periksa lebih lanjut ketiganya, akan kita informasikan nanti untuk keterangan lebih lanjut," tambah AKP Bobby Putra Ramadhan Sebayang.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...