Polres Aceh Besar dan Pidie Razia di Perbatasan, Pilih Ditilang atau Ngopi? 

Razia Polres Aceh Besar

JANTHO, ACEHPORTAL.COM - Setiap pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas pasti akan diberikan sanksi, baik sanksi tilang ataupun yang lainnya. Namun, hal ini tak berlaku Sabtu (17/3/2018) tadi malam hingga Minggu (18/3/2018) subuh tadi oleh Sat Lantas Polres Aceh Besar dan Pidie.

Kedua satuan lalu lintas yang bergabung ini melaksanakan razia keselamatan di Jalan Banda Aceh Medan di kawasan Bumi Perkemahan tepat di perbatasan Kabupaten Aceh Besar dan Pidie, sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB.

Bukannya menilang para pelanggar lalu lintas di jalan raya, namun kedua Sat Lantas Polres yang dipimpin AKBP Heru Suprihasto dan AKBP AKBP Andi Nugraha Setiawan ini malah memanjakan para pelanggar dengan secangkir kopi dilengkapi dengan tempat tidur bagi pengendara yang lelah dan harus beristirahat.

Pantauan di lokasi, personel Sat Lantas gabungan Polres Aceh Besar dan Pidie memberhentikan setiap kendaraan baik roda dua ataupun roda empat dan lainnya yang melintas dan melanggar aturan. Setelah diperiksa kelengkapan surat kendaraan, mereka yang melanggar diarahkan ke pos perkumpulan untuk duduk bersama dan menikmati secangkir kopi.

Kasat Lantas Polres Aceh Besar, Iptu Sandy Titah Nugraha dan Kasat Lantas Polres Pidie, AKP Radhika Angga Rista, kemudian memberikan peringatan dan arahan kepada para pelanggar tentang keselamatan berlalu lintas. Keduanya juga memberikan imbauan kepada pengguna jalan untuk selalu mentaati peraturan yang berlaku, terutama berhati-hati di jalan raya.

Setelah diberikan arahan dan imbauan, pelanggar dan pengguna jalan dibolehkan melanjutkan perjalanannya. Bagi pengendara yang lelah, mereka dianjurkan untuk beristirahat sejenak dan di jaga personel, baru kemudian diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan.

Awalnya, para pengendara dan pelanggar khususnya terlihat bingung dengan kegiatan yang dilakukan ini yang beda dari biasanya. Namun setelah mengerti, mereka mengaku senang diperlakukan istimewa oleh petugas ini.

Salah satu pengguna jalan yang ikut mampir di pos yakni Rizal, warga Banda Aceh, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan ini. "Sangat bagus, kita selaku masyarakat merasa sangat senang, mudah-mudahan ini akan tetap berlanjut dan bukan hanya pencitraan," katanya.

Sementara, Iptu Sandy Titah Nugraha mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat secara humanis tentang keselamatan dalam berkendara di jalan raya.

"Kita tidak menilang pelanggar, kita berikan teguran dan peringatan serta imbauan agar kedepannya pengendara dapat memperbaiki kesalahannya," ujar perwira yang sebentar lagi menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Aceh Utara ini.

AKP Radhika Angga Rista juga mengatakan, kegiatan ini dilakukan dengan lebih mengedepankan tindakan preemtif terhadap potensi dan pelanggaran yang terjadi. Salah satu tujuan Polres Aceh Besar dan Pidie melakukan kegiatan ini adalah untuk menekan angka kecelakaan yang selama ini kerap terjadi di kedua wilayah tersebut.

"Kita berharap dengan kegiatan ini angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas berkurang, selama ini angka pelanggaran dan laka lantas memang sudah menurun, namun kedepan diharapkan untuk bisa lebih berkurang," tambahnya.

Selain melayani para pengendara, petugas juga membagikan sejumlah segitiga pengaman untuk kendaraan besar seperti truk dan lainnya, khususnya bagi kendaraan yang belum memiliki salah satu komponen penting dalam berkendara ini.

Saat razia ini akan berakhir, salah satu personel Tim Dolphin Sat Lantas Polres Aceh Besar menemukan sebungkus ganja kering yang dibuang oleh pengendara motor yang melintas di jalan tersebut. Namun, si pengendara berhasil kabur dan barang bukti diamankan di Mapolres Pidie.

"Petugas kita melapor tadi bahwa ada motor yang buang bungkusan ini, ternyata isinya ganja, sementara si pengendara kabur, sudah coba dikejar tadi tidak ditemukan. Ini kita amankan di Mapolres Pidie sesuai lokasi penemuan," tambah AKP Radhika Angga Rista didampingi Iptu Sandy Titah Nugraha.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...