Sat Lantas Aceh Besar Teken MoU Bersama Sejumlah Pemilik Usaha Bus

Acehportal.comIMG_20180316_114752_HDR

BANDA ACEH, ACEHPORERAL.COM - Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Aceh Besar melakukan penandatanganan MoU dengan sejumlah pemilik perusahaan bus angkutan antar provinsi serta sejumlah sekolah yang berada di kabupaten Aceh Besar, di Kantor Satpas Aceh Besar, Jumat (16/3/2018).

Kapolres Aceh Besar, AKBP Heru Suprihasto mengatakan, penandatangan MoU ini dilakukan sebagai komitmen dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat, sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, guna mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah hukum polres Aceh Besar.

"MoU ini dilakukan sebagai bentuk kesadaran betapa pentingnya keselamatan dalam berkendara, karena kecelakaan lalu lintas salah satu penyumbang terbesar angka kematian," ujarnya didampingi Kasat Lantas, Iptu Sandy Titah Nugraha.

Dalam MoU tersebut, ada beberapa poin yang ditegaskan tentang keselamatan lalu lintas, seperti para siswa sekolah wajib mematuhi aturan berkendara. "Para sopir bus juga dituntut untuk mengedepankan keselamatan penumpang dengan memeriksakan kondisi fisik serta kondisi kelayakan bus," jelasnya.

Sementara itu, Iptu Sandy mengungkapkan, di wilayah Aceh Besar kerap terjadi kecelakaan lalu lintas. Namun, angka kecelakaan lalu lintas tersebut sudah jauh menurun jika dibandingkan pada tahun dua sebelumnya.

"Angka pelanggaran lalu lintas didominasi oleh pelajar yang tidak memakai helm serta menggunakan knalpot blong, sehingga kita terus melakukan sosialisasi hingga ke sekolah-sekolah agar para siswa menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara," tambahnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri puluhan siswa dan mahasiswa yang berasal dari sejumlah SMA dan Universitas, pihak Jasa Raharja dan pihak terkait lainnya, termasuk sejumlah masyarakat sekitar.

Penulis:hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...