Babinsa Agara, Bantu Warga Buat Bendungan Sungai

Babinsa Agara, Bantu Warga Buat Bendungan Sungai

Kutacane, acehportal.com - Dimusim kemarau para petani risau dengan tanaman padinya, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Suwarno anggota Koramil 05/Lawe Alas jajaran Kodim 0108/Agara membantu warga membuat bendungan untuk Irigasi sawah yang sedang kekeringan seluas 12 ha bertempat di Desa Muara Kec Lawe Alas Kab. Aceh Tenggara. Jum’at (16/03).

Babinsa bersama anggota Poktan Muara Indah malaksanakan kegiatan gotong royong membuat bendungan irigasi bertujuan untuk kepentingan pengairan sawah milik warga setempat.

Seperti yang disampaikan Danramil 05/Lawe Alas Kapten Inf Risman Batubara mengatakan, Adapun fungsi pembuatan bendungan tersebut adalah untuk menaikkan air yang berada di sungai agar dapat dialirkan ke sawah untuk kepentingan irigasi Wilayah Desa Muara Baru Kec. Lawe Alas.

Sawah di Wilayah ini hanya mengandalkan air hujan, adanya irigasi hanya bersifat sementara air mengalir kesawah apabila dibantu menggunakan pompa air atau dengan cara membendung sungai yang ada.

Dengan upaya Babinsa selaku pendamping bersama PPL berupaya membantu masyarakat petani terutama masalah sarana pertanian, sehingga kesulitan yang dihadapi para petani dapat teratasi secara semaksimal mungkin, termasuk membendung sungai yang diharapkan dapat bermanfaat sebagai irigasi untuk mengaliri sawah yang ada disekitarnya dan bukan hanya untuk musim penghujan, akan tetapi pada saat hujan sudah jarang turun pun masih tersedia stok air untuk masa tanam tahap berikutnya.

Ia berharap, Semoga kegiatan yang dilakukan secara bersama sama dapat membuahkan solusi yang baik, sehingga swasembada pangan yang telah di Programkan oleh pemerintah mengenai Ketahanan pangan dapat terwujud.

Komentar

Loading...