Bea Cukai Banda Aceh Perkenalkan Tugas dan Fungsi ke Siswa SMA Fatih Bilingual School 

IMG-20180315-WA0008

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Banda Aceh melakukan kegiatan 'Customs Goes to School' ke SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh, Kamis (15/3/2018). Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 11.30 WIB di Aula setempat ini diikuti oleh siswa kelas 10 dan kelas 11 SMA Fatih Bilingual School.

Kegiatan ini merupakan langkah Bea Cukai Banda Aceh untuk mengenalkan tugas dan fungsi bea cukai sekaligus mensosialisasikan terkait aturan barang bawaan penumpang penerbangan internasional dan barang kiriman pos dari luar negeri.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Bea Cukai Banda Aceh, Bambang Lusanto Gustomo berharap, dengan mengenal tugas serta peran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, para siswa sebagai generasi penerus bangsa dapat berbagi peran dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik.

"Kita menyampaikan apresiasi atas antusias pihak sekolah yang menerima kunjungan Bea Cukai Banda Aceh di tengah padatnya kegiatan pendidikan formal siswa," ujarnya dalam sambutan di awal kegiatan.

Rombongan Bea Cukai Banda Aceh pun disambut oleh Nur Wijaya ntr yang mewakili Kepala SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh. Ia berharap, dengan mengenal tugas dan fungsi Bea dan Cukai beserta ketentuan yang akan disosialisasikan, para siswa akan dapat gambaran pelaksanaan tugas bea dan Cukai.

"Dan dapat mengetahui ketentuan yang berlaku terhadap barang yang dibawa dari luar negeri," kata Nur Wijaya.

Dalam pemaparan yang dilanjutkan oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan,  Dede Ferdian, materi yang disampaikan yakni terkait barang bawaan penumpang, barang kiriman dan pengenalan sekilas proses rekrutmen pegawai DJBC yang dilakukan secara terpusat oleh kementerian keuangan, baik penerimaan melalui Pendidikan di PKN STAN maupun rekrutmen umum.

Pada kesempatan tersebut, para siswa juga melihat langsung simulasi perhitungan pungutan negara atas barang bawaan penumpang. Pihaknya juga mengajak para siswa untuk tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

"Tanpa narkoba hidup bahagia, diharapkan juga agar waspada terhadap orang tak dikenal yang menitipkan barang bawaan ketika kembali dari luar negeri, khawatir jika ternyata isinya narkoba, “bikin saket ulee” (membuat sakit kepala)," kelakarnya.

Dede juga menyampaikan kepada para pelajar ini agar berhati-hati terhadap pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan pegawai bea cukai, yang mengiming-imingi menjadi pegawai bea cukai dengan membayar sejumlah uang.

"Jangan dipercaya, penerimaan pegawai bea cukai dilakukan secara terpusat melalui Kementerian Keuangan dan setiap prosesnya dapat dilihat melalui domain https://rekrutmen.kemenkeu.go.id dan perlu dicatat, tidak dipungut biaya. Jika memerlukan informasi lanjut bisa menghubungi BRAVO BEACUKAI 1500225," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Pendidikan

Komentar

Loading...