Warga Temukan Sebuah Mortir Aktif di Bener Meriah

IMG-20180311-WA0000

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sebuah mortir aktif ditemukan warga di kawasan Gampong Wer Tingkem, Kecamatan Mesidah, Bener Meriah, Jumat (9/3/2018) sore kemarin, sekira pukul 16.00 WIB. Mortir ini ditemukan warga di sebuah kebun milik masyarakat yang baru digarap.

Kapolres Aceh Tengah, AKBP Fahmi Irwan Ramli mengatakan, mortir ini berdiameter kurang lebih 20 sentimeter dengan berat mencapai kurang lebih 3 kilogram.

"Awalnya ditemukan oleh seorang petani bernama Jemul (38), warga Gampong Delung Tue, Kecamatan Bukit, Bener Meriah," ujarnya saat dikonfirmasi Sabtu (10/3/2018) malam.

Kapolres menjelaskan, awalnya Jemul sedang menggali tanah untuk penanaman pohon kopi menggunakan sebuah cangkoi miliknya. Tiba-tiba, cangkoi mengenai benda besi yang awalnya tak diketahui.

"Merasa curiga dengan benda itu, saksi memindahkannya ke pinggir lubang yang digali dan membersihkan benda tersebut. Selanjutnya ia melaporkan hal ini kepada kepala desa setempat, yakni Nur Adi dan diteruskan ke Danpos Ramil Mesidah Koramil 01/Bandar Kodim 0106 Aceh Tengah/Bener Meriah, Serma Wowo Warsono," jelasnya.

Menerima laporan itu, Serma Wowo bersama seorang anggotanya yakni Kopda Babar langsung berangkat ke lokasi dan mengecek penemuan tersebut. Setelah memastikan bahwa benda itu adalah mortir, mereka membawanya ke kantor untuk diamankan.

"Pihak Koramil berkoordinasi dengan Kapolsek Mesidah dan kemudian dari hasil koordinasi, mortir diamankan di Mapolsek Bandar yang selanjutnya diserahkan ke Sat Brimob Subden B Bener Meriah untuk diamankan," tambah AKBP Fahmi Irwan Ramli.

Kapolres juga mengimbau agar langsung melaporkan kepada aparat TNI/Polri jika menemukan benda yang mencurigakan tersebut untuk dapat ditindaklanjuti guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...