Babinsa Kodim 0103/Aceh Utara Terima Sosialisasi dari BMKG

Babinsa Kodim 0103Aceh Utara Terima Sosialisasi dari BMKG

Lhokseumawe, acehportal.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Giofisika Malikussaleh Aceh Utara menggelar acara Sosialisasi waspada cuaca peduli iklim dengan TNI bertempat di Aula Yudha Makodim setempat,(9/3/18).

Sosiaslisasi ini ditujukan kepada para Babinsa (Bintara Pembina Desa) di Kodim 0103/Aceh Utara,Acara ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh BMKG bekerja sama dengan TNI.

Kerja sama ini dinilai penting untuk dilakukan mengingat TNI melalui Babinsa juga melakukan pendampingan terhadap petani dalam upaya meningkatkan swasembada Pangan,pencegahan kebakaran Oleh karena itu pemahaman tentang cuaca dan iklim menjadi penting untuk dimiliki oleh Babinsa.

Materi yang diberikan dalam Sosialisasi ini antara lain Pengenalan Cuaca dan Iklim, Pemahaman Informasi Iklim, dan Iklim Ekstrem.

Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav.Fadjar Wahyudi Broto mengatakan tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk membimbing Babinsa agar mampu menterjemahkan informasi iklim yang masih dalam bahasa operasional, menjadi bahasa yang lebih mudah dipahami.

Babinsa harus mengerti Iklim karena merupakan pendamping petani di lapangan.Hal tersebut lantaran cuaca dan iklim menentukan kapan waktu yang tepat untuk tanam dan panen serta untuk pencegahan kebakaran di saat cuaca sangat ekstrem pada saat memasuki musim kemarau”tegasnya”.

Sementara itu Asrol Adil S.si  selaku kepala BMKG Malikussaleh Aceh Utara mengatakan pihaknya memberikan pendampingan khususnya terkait masalah cuaca dan iklim agar Babinsa mengerti dan bisa mensosialisasikannya kepada Masyarakat”pintanya”.

Peran babinsa adalah mendampingi PPL dan Masyarakat di tingkat kecamatan sampai pelosok perkampungan sehingga dengan adanya Sosialisasi ini para Babinsa yang merupakan ujung tombak TNI di tingkat desa dapat memberikan informasi terkait iklim yang didapat dari BMKG, ujar Asrol Adil S.si.

Komentar

Loading...