Ketua Dekranasda: Songket Banda Aceh Harus Tembus Ke Pasar Dunia

Banda Aceh - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty bersama anggotanya,  Selasa (6/3/2018) melakukan kunjungan ke Gampong (desa) Lamgugop, Banda Aceh. Kedatangan mereka untuk melihat dan membina pengrajin di gampong tersebut.

“Pembinaan Desa Kerajinan merupakan salah-satu program Dekranasda Banda Aceh dan Dekranasda Provinsi, dalam rangka membina para perajin di provinsi Aceh,”ungkap Nurmiaty dalam kesempatan tersebut.

Ia menyatakan, bahwa tujuan utama untuk membina para pengrajin dengan harapan mereka dapat meningkatkan kualitas kerajinannya dan mampu bersaing di pasar Nasional, bahkan Intenasional.

Dengan demikian, katanya, para perajin di aceh, khususnya di Banda Aceh akan lebih sejatera dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat sekitar.

Dikatakannya, Gampong Lamgugop dipilih karena Gampong ini merupakan salah-satu Desa binaan Dekranasda Kota, dimana di gampong ini terdapat produk songket/tenun dan kerajinan lainnya yang akan diproyeksikan oleh Dekranasda sebagai produk unggulan.

Sejauh ini, tambahnya, Dekranasda telah mengunjungi pengrajin di Gampong Doy dan Lamgugop. Selanjutnya Dekranasda akan mengunjungi tujuh gampong lainnya, yakni Lhong Cut, Blang Cut, Sukaramai, Lamjame, Ulee Lheue, Lampaseh Kota dan Lamdingin.

Untuk para pengrajin, Dekranasda akan membantu dengan memberikan peralatan dan juga pelatihan untuk membantu dalam hal memasarkan produk-produk unggulan dari tiap Gampong. Tujuannya untuk mewujudkan visi dan misi Wali Kota Banda Aceh dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Penulis:adi
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...