Lanal Lhokseumawe Tangkap Satu Kapal Bermuatan 210 Ekor Ayam Jago asal Thailand 

IMG-20180305-WA0014

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Tim patroli laut WFQR I Koarmabar TNI AL (Lanal) Lhokseumawe menangkap satu unit kapal bermuatan 210 ekor ayam jago yang berlayar di perairan Aceh Tamiang, Sabtu (3/3/2018) kemarin. Kapal itu juga mengangkut 8 ton pakaian serta 2 ton pakan dan obat-obatan ayam.

Danlanal Lhokseumawe, Letkol (P) Laut M Sjamsul Rizal mengatakan, ayam yang diangkut tersebut adalah ayam jago jantan yang biasanya digunakan untuk aduan. Diduga muatan ini berasal dari Pelabuhan Satun, Thailand.

"Saat melakukan patroli, tim menangkap kapal kayu bernama KM Jaya Abadi I karena tidak memiliki dokumen yang sah saat diperiksa, selain itu juga diketahui bahwa tidak memiliki izin ekspor dan impor," ujarnya saat dikonfirmasi Senin (5/3/2018).

Ia menjelaskan, seluruh barang ilegal yang diduga diangkut dari Thailand ini akan diselundupkan ke Aceh melalui perairan Seuruway, Aceh Tamiang. Selain muatan barang, pihaknya juga menahan lima anak buah kapal (ABK) yang kesemuanya berasal dari Aceh Tamiang.

"Kelima ABK yang diamankan yakni SY, AM, SF, ZL dan seorang nahkoda yakni MN, semua berasal dari Aceh Tamiang dan kasus ini sudah diserahkan ke pihak POM AL untuk ditindak lebih lanjut," kata Danlanal.

Saat ini, kapal berbendara Indonesia itu pun diamankan di Pelabuhan Umum Krueng Geukuh, Lhoksumawe disertai penjagaan dari personel Lanal Lhokseumawe.

"Sementara barang bukti ayam jago diamankan di gudang karantina pelabuhan, barang bukti lainnya masih diamankan di kapal yang dijaga personel," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...