Bersama Mantri Tani dan PPL, Babinsa Koramil 06/Manggeng Cek Hama Padi

Bersama Mantri Tani dan PPL, Babinsa Koramil 06 Manggeng Cek Hama Padi

Blangpidie, acehportal.com - 2 Maret 2018-  Guna menghindari penurunan Produktivitas padi yang dapat merugikan para petani di masa panen, perlu dilaksanakan pemantauan dan perawatan secara Intensif sedini mungkin. Dalam hal ini  Babinsa Koramil 06/Manggeng Kodim 0110/Abdya Kopda Mufti bersama dengan PHP, Mantri Tani dan PPL setempat melaksanakan pengecekan tanaman padi milik Kelompok Tani Kharisma Jaya, yang berlokasi di Desa Pante Raja, Kecamatan Manggeng, Aceh Barat Daya.

Dalam kegiatannya itu mereka mengecek indikasi jenis hama yang menyerang pada tanaman padi. Karena hama tanaman padi seperti keong, wereng, tikus jika dibiarkan perkembangannya, maka akan berdampak pada kerugian gagal panen.

Dan dalam hal pengendalian hama padi, petani dianjurkan untuk dapat secara bijak dalam menggunakan Insektisida. Hal ini seperti yang dikatakan Kopda Wen Lepi pada petani, “Sebaiknya penggunaan Insektisida dilakukan dengan sesuai aturan”.

Sementara itu menurut PPL, “Sebaiknya para petani secara rutin turun ke sawah untuk mengecek tanaman padi secara deteil untuk memastikan hama baru apa yang kembali menyerang tanaman padi. Karena jika saja sehari saja tidak dikontrol maka akan semakin besar perkembangan hamanya”.

Dari keterangan yang didapat, rencananya Mantri Tani, PPL serta Babinsa akan berkoordinasi dengan para Kelompok Tani untuk melaksanakan penyemprotan hama padi secara serentak. Hal ini dimaksudkan untuk menanggulangi hama wereng yang sudah terindikasi berkembang biak di pesawah tersebut.

Komentar

Loading...