Kodim 0112/Sabang Gelar Rakor Penanggulangan Karhutla

Kodim 0112 Sabang Gelar Rakor Penanggulangan Karhutla

Sabang, acehportal.com - Kodim 0112/Sabang mengelar rapat serta sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan bertempat di aula Kodim 0112/Sabang. Jum’at (23/2/18). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0112/Sabang Letkol Czi Kholid Firdaus.S.E.

Dandim mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antar unsur terkait bersama masyarakat terhadap dampak atau bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Lanjut Dandim, berbagai upaya antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan yaitu dengan melakukan sosialisasi pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan pada Desa atau Dusun yang berada sekitar Kawasan Hutan.

Selain itu kata Dandim, untuk melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang rentan terjadi pada saat musim kemarau tiba, yang sangat berdampak bagi kelansungan hidup baik dari segi kesehatan maupun perekonomian masyarakat.Dandim menjelaskan, mengantisipasi kebakaran ada beberapa macam diantaranya membuat peta kerawanan kebakaran, penyusunan data statistik, membentuk organisasi regu pemadam kebakaran, menyediakan tenaga dan alat pemadam kebakaran, memantau cuaca, akumulasi bahan bakar dan gejala kebakaran, memasang rambu- rambu peringatan bahaya kebakaran pada lokasi yang rawan kebakaran dan koordinasi dengan aparat setempat.

Dandim juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan saat membuka lahan maupun membuang puntung rokok sembarangan di hutan.

Rapat tersebut dihadiri, Kabag Ops Polres Sabang, Kepala BMKG kota Sabang,Kepala pemadam kebakaran kota Sabang, Kadis Kehutanan, Kadis pertanian, kepala PMI, Kepala.BPBD, Kadisops Lanud Sabang dan Kasospol lanal Sabang dan Kepala Basarnas Sabang.

Komentar

Loading...