KIP Banda Aceh Usulkan Dua Usulan Dapil

Ketua KIP Kota Banda Aceh Munawar Syah. Foto:Acehportal.com

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Komisi Independen Pemilihan (KIP) kota Banda Aceh telah mengusulkan dua usulan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRK Banda Aceh Pemilu 2019, setelah para komisioner melakukan pleno pada Senin (19/2/2018) kemarin. Usulan ini nantinya akan diajukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melalui KIP Aceh.

Dua usulan dapil tersebut terdiri dari rancangan 4 dapil, yakni Dapil I Meuraxa, Jaya Baru dan Banda Raya (9 kursi), Dapil II Kuta Raja dan Kuta Alam (7 kursi), Dapil III Syiah Kuala dan Ulee Kareng (7 kursi), Dapil IV Baiturrahman dan Lueng Bata (7 kursi).

Sementara rancangan 5 dapil, Dapil I Meuraxa dan Kuta Raja (4 kursi), Dapil II Kuta Alam (6 kursi), Dapil III Syiah Kuala dan Ulee Kareng (7 kursi), dapil IV Baiturrahman dan Lueng Bata (7 kursi) dan dapil V Jaya Baru dan Banda Raya (6 kursi). Total alokasi kursi untuk kota Banda Aceh sendiri sebanyak 30 kursi.

Ketua KIP Kota Banda Aceh, Munawar Syah mengatakan, usulan 2 dapil ini sebelumnya telah melalui proses uji publik dengan melibatkan peserta dari berbagai unsur seperti pemerintah daerah, partai politik, bawaslu, pemantau pemilu dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

"Selain itu, penataan dapil harus memenuhi prinsip-prinsip penataan dapil sesuai yang diamanatkan peraturan KPU nomor 16 tahun 2017," ujarnya Kamis (22/2/2018).

Ia menjelaskan, alain prinsip-prinsip penataan dapil, usulan dapil dan alokasi kursi ini juga memperhatikan hasil uji publik yang telah kita laksanakan beberapa waktu lalu. Ada sebanyak 40 stakeholder yang menyampaikan  masukan dan pendapatnya pada saat uji publik.

"Kami tentunya sangat mengapresiasi atas komitmen dan konsistensi para stakeholder selama proses penyampaian dan pencermatan usulan dapil dan alokasi kursi DPR Kota Banda Aceh untuk pemilu legislatif  tahun 2019” katanya.

Munawar berharap, penetapan dapil nantinya dapat mengakomodir pendapat dan masukan para stakeholder selama proses penyampaian dan pencermatan usulan dapil yang dilaksanakan KIP kota Banda Aceh.

"Penyerahan usulan dapil DPRD Kabupaten/kota dari KPU/KIP Kabupaten/kota dan rekapitulasi oleh KPU provinsi/KIP Aceh dimulai sejak tanggal 14 Februari 2018 hingga 27 Februari 2018," jelasnya.

Sementara, penyerahan rekapitulasi usulan dapil DPRD kabupaten/kota dari provinsi/KIP Aceh, penataan dan penetapan Dapil DPRD

Kabupaten/kota oleh KPU pada tanggal 28 Februari 2018 hingga 5 April 2018.

"Jadwal ini sesuai Peraturan KPU 5 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Politik

Komentar

Loading...