BKSDA Aceh dan Balai Gakkum Wilayah Sumatera serta Polsek Lembah Seulawah Amankan Macan Akar dan Alap-Alap

BKSDA Aceh dan Balai Gakkum Wilayah Sumatera serta Polsek Lembah Seulawah Amankan Macan Akar dan Alap-Alap

ACEH BESAR, ACEHPORTAL.COM - Meski sedang libur panjang akhir pekan, petugas Polisi Kehutanan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh tetap sigap bertindak. Tim BKSDA Aceh bersama Balai Gakkum Wilayah Sumatera dan personel Polsek Lembah Selawah mengamankan seekor macan akar (Felis bengalensis) dan dua ekor burung alap-alap.

Kedua jenis satwa yang dilindungi itu diamankan dari dua orang penjual burung berinisial MK (17) dan MA (31), di kawasan pinggir Jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Lamtamot, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar.

"Penindakan ini dilakukan atas laporan dari seorang staf UPT Kementerian LHK Provinsi Aceh," ujar kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo Sabtu (17/2/2018).

Sapto menjelaskan, MK masih berstatus pelajar SMA kelas II yang bersekolah di salah satu SMA Negeri di Aceh Besar. Saat ditemui dan dimintai keterangannya oleh petugas, MK dan MA langsung mengakui kesalahannya dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

"Mengingat MK masih berstatus pelajar dan MA dari pemantauan petugas baru pertama kali berjualan. Petugas BKSDA telah mendata dan melakukan sosialisasi penjual burung di wilayah ini, kepada keduanya diminta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi di depan perangkat gampong, khususnya Keuchik dan petugas Polsek," jelasnya.

Apabila mengulangi perbuatan tersebut, sambungnya, mereka akan ditindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. Petugas BKSDA Aceh juga mengimbau kepada seluruh penjual burung atau satwa lainnya untuk tidak memperjualbelikan satwa yang dilindungi, karena dapat dikenakan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

"Serta denda paling banyak Rp 100 juta sesuai dengan UU Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya serta Lampiran PP Nomor 7 tentang Pengawetan Jenis tumbuhan dan Satwa," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...