BBPOM Aceh Sita Kosmetik Berbahaya di Pasar Lambaro

BPOM Aceh memeriksa berbagai jenis makanan dan minuman serta kosmetik di kawasan Pasar Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (14/2/2018).

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Tim Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh memeriksa berbagai jenis makanan dan minuman serta kosmetik di kawasan Pasar Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (14/2/2018) siang.

Dalam pemeriksaan itu, petugas mengamankan sejumlah kosmentik yang mengandung bahan berbahaya. Sidak BPOM ini melibatkan pihak dari Dinas Kesehatan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Pihakmua menyita berbagai macam produk komestik berbahaya di sepanjang toko pusat Pasar Lambaro.

"Dalam sidak tadi ternyata masih kita temukan kosmetik yang terindikasi mengandung merkuri atau tidak terdaftar sama sekali dan barang ini sudah kita amankan,” ujar Kepala BPOM, Zulkifli usai melakukan sidak.

Dijelaskannya, setiap aksi pengawasan yang dilakukan tim di lapangan, bahan kosmetik berbahaya adalah produk yang sangat rawan ditemui. Meski BPOM melarang untuk diperjual-belikam, tetapi pedagang masih memasarkan bahan tersebut kepada konsumen secara sembunyi-sembunyi.

"Seperti kosmetik pemutih yang mengandung merkuri ini sering kali kita temukan. Setelah kita situ, nanti pemiliknya akan kita panggil ke kantor untuk dilakukan pembinaan dan sebagainya,” kata Zulkifli.

Ia menuturkan, dirinya mengaku kecewa terhadap pedagang yang tidak mengindahkan intruksi BPOM tentang larangan menjual alat kosmentik berbahaya. Zulkifli melihat, modus yang dilakukan pedagang selama ini produk tersebut tidak hanya dijual oleh toko kosmetik, tetapi juga pedagang pakaian.

“Kosmetik pun disimpan di tempat tersembunyi, artinya kalau ini modusnya mereka tahu bahwa ini memang dilarang tetapi mereka menjualnya secara tertutup,” tambah Zulkifli.

Penulis:hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...