Dandim 0106/Ateng-BM Pimpin Rakor Karhutla

Dandim 0106/Ateng-BM Pimpin Rakor Karhutla

Takengon, acehportal.com - Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, Dandim 0106/AT-BM Letkol Inf Hendry Widodo memimpin Rapat Koordinasi ( Rakor ) yang bertempat di Aula Makodim Jln. Lut Tawar Ds. Bale Atu Kec. Lut Tawar Kab. Ateng, Jum'at (09/02/2018).

Di kesempatan tersebut Dandim menyampaikan bahwa selain rapat koordinasi, ini juga sekaligus sebagai wahana untuk meningkatkan tali silaturahmi bersama dan langkah awal untuk menangani masalah Karhutla yang ada di Dua wilayah Kabupaten.

Tambahnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kita semua yaitu dari unsur TNI, Polri, BPBD dan Damkar agar setiap saat selalu siap sehingga tidak terdadak dalam menghadapi fenomena alam pada musim kemarau dan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kejadian kebakaran hutan dan lahan.

“Kita tidak usah berpolemik mengenai karhutla ini sebenarnya tanggung jawab siapa, yang jelas ini adalah tugas kita bersama, oleh sebab itu agar masyarakat di ingatkan supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar, tapi silahkan dengan cara yang ramah, contohnya mengubur sisa limbah penebangan dan hal itu juga bisa menjadi pupuk organik serta masih banyak cara-cara lain yang lebih positif,” tutur Dandim.

Agar mengantisipasi lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh Damkar sehingga hal ini perlu dicarikan solusinya supaya kejadian karhutla cepat dapat diatasi, misalkan dengan mencari sumber air yang terdekat dari lokasi kebakaran, Lanjutnya.

Di akhir kesempatan Dandim mengatakan, untuk mengatasi Karhutla perlu adanya upaya pencegahan seperti melakukan sosialisasi langsung terhadap masyarakat melalui para Babinsa, Babinkamtibmas maupun Polhut, memasang spanduk dan pamplet ajakan untuk mencegah kebakaran, di kenakan sanksi adat atau Qanun yang tegas terhadap pelaku.

Kegiatan ini selain di atas juga di ikuti oleh puluhan pejabat terkait di antaranya Kepala BPBD Bener Meriah H. Sadra BK, Kepala BPBD Aceh Tengah M. Thamrin, SE, Kabag Ops Polres AT Kompol Hardi MK, Kabag Ops Polres BM Kompol M. Jhoni, Kabid Kedaruratan dan Damkar Kab. AT Zulkifli, Para Pasi serta Danramil Jajaran Kodim Ateng.

Komentar

Loading...