Sat Resnarkoba Polres Aceh Barat Amankan Dua Penyalahguna Sabu

barang bukti sabu

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - HA (26), Swasta, warga Gampong Geudong, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan sabu. HA ditangkap di kawasan Gampong Alue Kuyun, Kecamatan Woyla Timur, Aceh Barat, Rabu (7/2/2018) kemarin, sekira pukul 16.30 WIB.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Boby Arya Prakasa melalui Kasat Resnarkoba, Iptu Bukhari mengatakan, dari penangkapan tersebut diamankan batang bukti berupa sebungkus sabu seberat 1,29 gram dan satu unit sepeda motor Honda Supra tanpa nomor polisi.

"HA ditangkap atas informasi dari masyarakat akan adanya transaksi jual beli sabu di kawasan gampong itu. Tim kemudian melakukan penyelidikan dengan mengintai dan menyamar di lokasi, tepatnya di sekitar tempat yang direncanakan untuk bertransaksi," ujarnya Kamis (8/2/2018).

Saat tersangka melintas menggunakan sepeda motornya, tim mengikuti tersangka. Tersangka yang mengetahui diikuti petugas pun melarikan diri ke salah satu rumah warga dengan meninggalkan sepeda motornya di pinggir jalan dan bersembunyi di loteng rumah seorang warga.

"Akhirnya tersangka berhasil kita tangkap, saat dilakukan penggeledahan ditemukan barang bukti sabu yang sempat dibuang di loteng rumah warga," katanya.

Tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolres Aceh Barat guna dilakukan penyelidikan dan pengembangan lanjut. "" Tersangka merupakan residivis kasus yang sama pada 2014," tambahnya.

*Penangkapan Sabu di Johan Pahlawan

Sementara itu, Sat Resnarkoba Polres Aceh Barat juga menangkap seorang penyalahguna sabu lainnya, yakni Y alias AB (46), warga Gampong Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Selasa (6/2/2018) malam sekira pukul 20.10 WIB.

"Tersangka ditangkap di rumahnya, dengan barang bukti berupa 3 bungkus sabu seberat 3,22 gram, sebuah dompet kecil, sebuah gunting, 2 buah pipet kaca dan satu unit telepon seluler merek Nokia," katanya.

Penangkapan juga dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat yang mana diduga Y alias AB kerap melakukan transaksi jual beli sabu di rumahnya. Tim yang dipimpin langsung Iptu Bukhari langsung datang ke lokasi dan menangkap tersangka.

"Saat digeledah, kita memperoleh barang bukti sabu di dalam sebuah dompet yang ada di dalam kamarnya. Dirinya mengaku memperoleh barang haram itu dari seseorang di Bireuen," ungkap Kasat.

Saat ini tersangka dan barang bukti masih diamankan di Mapolres Aceh Barat guna dilakukan penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.

"Tersangka merupakan residivis dalam kasus yang sama dan diduga melanggar Pasal 114 dan Pasal 112 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling lama 20 thn penjara," tambah Iptu Bukhari.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...