KPI Aceh Tegur dan Berikan Sanksi Kepada CNN

Surat KPI Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Komisi Penyiaran Independen (KPI) Aceh memberikan teguran dan sanksi kepada salah satu media elektronik, yakni CNN Indonesia Prime News. Surat teguran dan pemberian sanksi ini dikeluarkan dan ditandatangani langsung oleh Ketua KPI Aceh, M Hamzah, Rabu (7/2/2018).

Dalam surat bernomor 021/K/KPI-Aceh/II/2018 yang ditujukan kepada KPI Pusat ini disebutkan, KPI Aceh berdasarkan UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, berwenang melakukan pengawasan program siaran berdasarkan Pedoman Prilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI.

Berdasarkan pemantauan dan hasil analisis, KPI Aceh menemukan pelanggaran pada program siaran CNN Indonesia Prime News yang ditayangkan oleh Tranvision pada 1 Februari 2018 pukul 19.30 WIB yang dipandu oleh presenter Indra Maulana.

"Program tersebut menayangkan wawancara langsung via telepon dengan Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, menyangkut surat yang dikeluarkannya mengenai pramugari maskapai penerbangan yang wajib berhijab di wilayah setempat," ujar M Hamzah.

KPI Aceh mendapat banyak laporan keberatan dari masyarakat atas berlangsungnya wawancara tersebut. "KPI Aceh menilai, pewawancara kurang memahami konteks dan konstruksi hukum qanun yang berlaku di Aceh, sehingga wawancara tersebut tidak mencerminkan penghormatan atas keyakinan, keunikan dan perbedaan budaya lokal," jelasnya.

Menurutnya, ada beberap pelanggaran yang ditemui dalam program tersebut, yakni pelanggaran atas pedoman perilaku penyiaran KPI Tahun 2012 Pasal 6, 8, Pasal 12 ayat 2, Pasal 35 huruf b dan Pasal 27 ayat 3 serta standar program siaran komisi penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 40 huruf a.

"Oleh karenanya, KPI Aceh berharap adanya sanksi tegas dari KPI Pusat untuk hal itu. Setiap lembaga penyiaran, wajib menjadikan Pedoman Perilaku Penyiaran dan standar program siaran (P3 dan SPS) Tahun 2012 sebagai acuan dalam penayangan sebuah program siaran," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...