Warga Saksikan Rekonstruksi Pembunuhan di Gampong Mulia

Rekonstruksi Pembunuhan di Gampong Mulia/Hafiz

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Satuan Reskrim Polresta Banda Aceh melakukan rekonstruksi ulang pembunuhan sekeluarga yang terjadi di Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Rekonstruksi ulang pembunuhan itu disaksikan oleh puluhan warga gampong setempat, yang mana juga dikawal ketat puluhan personel Kepolisian dari Polresta Banda Aceh.

Sekitar 106 adegan diperagakan dalam rekonstruksi tersebut, pihak Kejaksaan Negeri Banda Aceh pun turut terlibat. Rekonstruksi dimulai dari tersangka RM yang dibangunkan oleh Asun untuk mengangkat barang, hingga RM menghantam Asun menggunakan balok dan menghabisi nyawanya.

Kemudian, tersangka menuju ke ruko sebelah tempat istri dan anak Asun dihabisi oleh tersangka. Adegan berakhir dengan tersangka membawa lari sepeda motor milik korban disertai dengan tersangka menggembok ruko yang ditempati korban.

Kapolresta Banda Aceh, AKBP Trisno Riyanto yang didampingi Kabag Ops, Kompol Dedi Darwinsyah dan Kasat Reskrim, AKP M Taufiq mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menyiapkan berkas dan seluruh barang bukti yang nantinya kasus tersebut dilimpahkan ke kejaksaan untuk proses lebih lanjut.

"Ada 106 adegan yang diperagakan di depan penyidik dan jaksa adegan dimulai dari pelaku berkomunikasi dengan korban hinga ke pelaku membunuh ketiga korban dan melarikan sepeda motor korban. Adegan dilakukan sesuai dengan BAP, meski ada beberapa adegan tambahan, semuanya sudah sesuai BAP," ujarnya.

Ia menjelaskan, rekonstruksi pembunuhan ini dilakukan untuk melengkapi berkas dan selanjutnya akan dilimpahkan ke pengadilan. Polisi juga akan menjerat pelaku dengan pasal berlapis.

"Secepatnya berkas perkaranya akan kita limpahkan ke pengadilan, pelaku juga dijerat pasal berlapis dengan ancaman hukuman mati," katanya.

Dalam rekontruksi itu, turut hadir Kasat Sabhara, AKP Yusuf Hariadi, Kapolsek Kuta Alam, AKP Dheni Firmandika dan sejumlah unsur terkait lainnya.

Seperti diketahui sebelumnya, pembunuhan dilakukan terhadap Tjie Sun (48) bersama istrinya Minarni (40) dan anaknya Callietos NG (8) pada Januari 2018 lalu. RM ditangkap di Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara oleh tim gabungan Dit Reskrimum Polda Aceh bersama Sat Reskrim Polresta Banda yang dibantu Polres Deli Serdang.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...