Seluruh Komponen Kodim 0114/Aceh Jaya Shalat Gerhana Bulan

Calang, acehportal.com – Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letnan Kolonel Kav Haerus Shaleh, S.Sos bersama anggota Makodim dan jajaran, serta bersama seluruh komponen masyarakat melaksanakan kegiatan shalat magrip berjamaah dilanjutkan Tausyiah dan shalat isyah berjamaah, dilanjutkan dengan shalat gerhana bulan ( shalat khusuf  ) dan Khutbah Gerhana bertempat di Masjid Agung Jabal Rahman Desa Sentosa Kec. Krueng Sabee Kab.Aceh Jaya, Rabu (31/01/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri 350 orang, diantaranya Bupati Aceh Jaya, Wakil Bupati Aceh Jaya, Dandim 0114/ Aceh Jaya, Kasdim 0114/Aceh Jaya, Kapolres dan Wakapolres Aceh Jaya, Sekda Kab. Aceh Jaya, Para asisten pemerintahan, Para Kepala SKPK Aceh Jaya, Anggota DPRK Aceh Jaya, Ketua MPU Aceh Jaya, Ketua MAA, Kankankemenag Aceh Jaya, Ketua Muna Aceh Jaya, Para Tokoh - tokoh ulama Aceh Jaya, Para perwira, Anggota Kodim 0114 / Aceh Jaya dan masyarakat.

Tausyiah oleh Tgk. Sofian Hasan yang mana dalam tausyiahnya membahas tentang gerhana bulan dan gerhana matahari bahwa hal tersebut pun sudah sering terjadi dari jaman Nabi dahulu yang merupakan fenomena alam atas kebesaran allah SWT maka dari itu dalam gerhana bulan kita harus melaksanakan shalat yang dinamakan gerhana bulan ( shalat khusuf  ) yang pelaksanaannya dilaksanakan pada saat gerhanan dan 2 rakaat. Kemudian dijelaskan tata cara shalat gerhana bulan dan tanya jawab apabila ada jamaah yang belum mengerti.

Kemudian dilanjutkan dengan shalat isyah berjamaah dan dilanjutkan dengan shalat Gerhana Bulan ( Khusuf)  dengan imam Ustad sulaiman Al - Afis. Setelah itu dilanjutkan dengan khutbah Gerhana oleh Tgk. Sofian Hasan yang inti dari khutbah tersebut menceritakan bahwa fenomena alam tersebut sudah sering terjadi dari jaman Nabi dahulu sampai dengan sekarang hal tersebut mengingatkan kepada umatnya untuk senantiasa bertaqwa dan bersyukur atas kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Shalat gerhana bulan dan gerhana matahari tersebut sudah tertuang dalam Al - Quran dan Hadis.  Terjadinya Gerhana Rosullullah sangat mewaspadai dan takut / khawatir juga merupakan tanda - tanda akan terjadinya kiamat dan keluarnya dajjal. Maka dari itu rosullullah memerintahkan umat agar selalu meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Komentar

Loading...