Polisi Musnahkan 9 Hektar Ladang Ganja di Aceh Besar

IMG-20171229-WA0000

ACEH BESAR, ACEHPORTAL.COM -- Tim gabungan Direktorat IV Tindak Pidana Narkoba (Dit IV Tipid Narkoba) Bareskrim Mabes Polri bersama Dit Resnarkoba Polda Aceh memusnahkan sembilan hektar ladang ganja di dua lokasi berbeda di Aceh Besar, Kamis (28/12/2017) sore.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak melalui Kabid Humas, Kombes Pol Misbahul Munauwar mengatakan, pemusnahan pertama dilakukan di lokasi Pegunungan Babah Rimba, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar.

"Di lokasi pertama, ada 3 hektar ladang ganja dimusnahkan yang mana terdapat sekitar 15 ribu batang ganja yang tingginya mencapai 1 hingga 1,5 meter," ujarnya Kombes Pol Misbahul Munauwar saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, usia batang ganja tersebut diperkirakan mencapai 2 hingga 3 bulan, yang mana tim tiba di lokasi setelah menempuh jarak dengan berjalan kaki dari tempat pemberhentian mobil selama 30 menit.

"Pemusnahan dilakukan dengan dicabut dan dibakar langsung seluruh batang ganja hingga habis dan sebagian dibawa ke Mapolda untuk barang bukti. Kegiatan ini dipimpin langsung Dir Resnarkoba Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sartijo dan Kasubdit II Dit IV Tipid Narkoba Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Jefriedi bersama puluhan personel termasuk Sat Resnarkoba Polres Aceh Besar," jelasnya.

Sementara itu, Kombes Pol Agus Sartijo yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, pemusnahan ladang ganja kedua dilakukan di kawasan pegunungan Gampong Cot Sibatee, Kecamatan Montasik, Aceh Besar.

"Luas ladang yang dimusnahkan di lokasi kedua kurang lebih 6 hektar yang mencapai 30 ribu batang, dengan tinggi mencapai 1 hingga 2 meter dan usianya mencapai 2 hingga 3 bulan," kata Direktur.

Jarak tempuh menuju lokasi juga dilalui dengan berjalan kaki selama satu jam setelah tim memarkirkan mobil di tempat yang sudah ditentukan.

"Pemusnahan juga dilakukan langsung di lokasi dengan cara dicabut dan dibakar hingga habis. Sebanyak 300 batang ganja diamankan sebagai barang bukti. Personel yang terlibat yakni Dit IV Tipid Narkoba Bareskrim Mabes Polri, Dit Resnarkoba Polda Aceh dan Sat Resnarkoba Polres Aceh Besar," ungkapnya.

Agus juga menambahkan, penemuan ladang ganja tersebut berdasarkan informasi yang diperoleh dari masyarakat bahwa di kedua lokasi terpisah ini ada sejumlah ladang ganja yang siap panen.

"Setelah kita pantau kita langsung musnahkan. Untuk tersangka tidak dapat ditemukan, kemungkinan tersangka kabur setelah dapat bocoran kalau kita mau musnahkan ladang," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...