Peringati 13 Tahun Tsunami Aceh, BI dan Genbi Lakukan Bersih Masal

Acehportal.comBersih-bersih kuburan masal

Banda Aceh  – Menjelang pemperingatan 13 tahun tragedi gempa dan tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 lalu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh bersama dengan Generasi Baru Indonesia (Genbi) setempat, melakukan kegiatan bersih-bersih masal di sejumlah lokasi wisata dan kuburan massal yang berada di wilayah Aceh Besar dan Banda Aceh, Minggu (24/12/2017).

Kegiatan bersih-bersih yang melibatkan seratusan mahasiswa, aktivitas sosial, dan para karyawan BI perwakilan Aceh, dimulai dari pembersihan kuburan masal Siron, Aceh Besar, yang kemudian dilanjutkan ke Kuburan Masal Ulee Lheu, Banda Aceh serta terakhir Pantai Lampuuk, Aceh Besar.

Ketua Genbi Aceh, Muhammad Nahyan Zulfikar mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi sosial yang dilakukan pihaknya dalam rangka peringatan tsunami tahun ini. "Ini merupakan wujud dedikasi kita untuk negeri,"ujarnya.

"Kegiatan yang didukung oleh Bank Indonesia ini bertujuan untuk menginpirasi generasi muda dalam merawat tempat-tempat wisata dan kuburan masal,"ujar Nahyan.

Menurut dia, dengan terciptanya tempat wisata yang bersih, nyaman, akan meningkat wisatawan ke Aceh. "Genbi berharap Aceh ini menjadi pariwisata Islami dan lebih religius satu-satunya di provinsi paling barat Indonesia ini,"ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Perwakilan BI Aceh Teuku Munandar mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Genbi Aceh yang merupakan Mahasiswa penerima beasiswa dari BI, melakukan bakti sosial dalam rangka menyambut peringatan tsunami Aceh pada 26 Desember mendatang.

"Dalam peringati hari dimana tragedi yang tidak pernah dilupakan oleh masyarakat aceh ini. Kita akan melakukan bersih-bersih di beberapa kuburan massal dan tempat wisata yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar,"kata Munandar, kepada wartawan di Aceh Besar.

Ia menyatakan, kegiatan mulia ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang perlunya kebersihan, serta untuk mengingatkan pentingnya mengenang sejarah seperti tragedi gempa dan tsunami.

"Aktivitas bersih-bersih di beberapa tempat wisata agar dapat memperkenalkan kepada wisatawan dari berbagai daerah bahwa, tempat wisata di Aceh bersih, nyaman dan layak di kunjungi,"pungkasnya. (ded/ded)

Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...