Pangdam Irup Peringatan Hari Ibu ke-89

Banda Aceh, acehportal.com – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Moch. Fachrudin S. Sos memimpin upacara Peringatan Hari Ibu ke-89, dilapangan Jasdam Iskandar Muda, Neusu Jaya, Banda Aceh. Kamis pagi (21/12/17).

“Peringatan hari ibu setiap tahunnya diselenggarakan, untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum laki – laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Pangdam IM bacakan sambutan Menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak RI, Yohana Yembise.

Pangdam IM menjelaskan, peringatan hari ibu ke-89 tahun 2017 yang mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”, dan sub tema meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtera dan bebas dari kekerasan.

Selain itu, peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang seperti kesehatan, ekonomi, pendidikan, kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya.

“Hal ini didasari oleh situasi dan kondisi bangsa indonesia yang saat ini sedang menghadapi situasi yang disebut oleh kepala negara “darurat” kekerasan terhadap perempuan dan anak,” jelas Yohana Yembise dalam sambutannya yang dibacakan Pangdam IM.

Dalam PHI ke-89 ini, Yohana Yembise juga menyampaikan, bahwa pelibatan dan peningkatan peran kaum laki-laki dan keluarga dalam pembangunan, selain itu menjadi bagian yang penting dalam rangka penghapusan segala bentuk diskriminasi dan tindak kekerasan lainnya, serta berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Sebagai contoh, maraknya berbagai persoalan bangsa dan kompleksitas masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat seperti, kekerasan termasuk tindak pidana perdagangan orang (TPPO), pornografi, infeksi dan lainnya yang disebabkan karena runtuhnya pondasi ketahanan dalam keluarga.

“Oleh karena itu, peran keluarga dituntut lebih diperkuat, dibarengi dengan penanaman nilai-nilai kekeluargaan yang apabila dicermati, telah diwariskan oleh para leluhur kita sejak dahulu kala,” pesan Menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak RI.

Upacara tersebut diikuti Kasdam IM, Irdam, Perwira Ahli Pangdam IM, para Asisten, LO AL dan LO AU, para Kabalak dan Komandan Satuan, Ketua Persit KCK Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah Iskandar Muda Ny. Shanti Moch. Fachrudin, Wakil Ketua Persit KCK PD IM Ny. Intan Daniel Chardin dan perwakilan Persit serta seluruh Prajurit, PNS Kodam Iskandar Muda segarnizun Banda Aceh.

Komentar

Loading...