BKSDA dan HOCRU YOSL-OIC Evakuasi Satu Orangutan yang Ditemukan Kritis di Aceh Timur

BKSDA dan HOCRU YOSL-OIC Evakuasi Satu Orangutan yang Ditemukan Kritis di Aceh Timur/ist

ACEH TIMUR, ACEHPORTAL.COM -- Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Resort Konservasi Wilayah 6 Langsa bersama tim Human Orangutan Conflict Respon Unit) HOCRU) YOSL-OIC mengevakuasi satu individu orangutan Sumatera yang ditemukan dalam keadaan kritis, Minggu (17/12/2017) dinihari.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo melalui Kasi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe, Dedi Irvansyah mengatakan, orangutan dewasa tersebut berjenis kelamin betina yang berusia 25 tahun.

''Ditemukan dalam kondisi kritis oleh masyarakat Gampong Reformasi, Kecamatan Peureulak Timur, Aceh Timur,'' ujarnya saat dikonfirmasi Senin (18/12/2017).

Selanjutnya, tim evakuasi membawa primata yang dilindungi tersebut ke pusat rehabilitasi orangutan Sumatera yang berada di Batumbelin, Sibolangit, Sumatera Utara, guna mendapatkan perawatan medis yang menyeluruh.

''Kondisi orangutan saat ditemukan mengalami cedera parah yang mana tangan kanannya patah dan tangan kirinya cedera cukup parah. Orangutan itu pun dalam kondisi yang sangat lemah,'' jelasnya.

Saat ini, orangutan tersebut telah berada di pusat karantina dan telah dilakukan penanganan untuk tangan kanan yang patah dengan memasang softgips untuk immobilisasi lengan.

Kemudian, tangan kiri yang cedera, lanjutnya, belum bisa dipastikan patah atau dislokasi, serta dibutuhkan pemeriksaan menggunakan rontgen.

''Untuk kondisi yang lemah masih dilakukan perawatan yang intensif, penanganan sampai saat ini masih dalam kondisi cukup baik. Rencana kedepan akan dilakukan pemeriksaan penyebab cedera dan investigasi untuk kasus itu,'' tambahnya.

Penulis:hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...