Penyeberangan dan Nelayan Harap Berhati-hati

BMKG: Waspada! Badai Dahlia dan Eddy Melintas di Aceh

20141009BMKG1

Banda Aceh, acehportal.com - Dengan bergeraknya Eddy (pusaran angin) dari Laut Cina Selatan melintasi semenanjung Malaysia menuju Selat Malaka dan tumbuhnya Siklon Tropis Dahlia sebelah Baratdaya Bengkulu membuat belokan angin serta pengerucutan masa udara (konvergensi) di atmosfer Aceh.

Maka, akan tumbuh awan-awan konvektif yang berpotensi terjadi hujan lebat, petir dan angin kencang yang juga berefek meningkat nya tinggi gelombang di wilayah Aceh.

Hal ini dikatakan Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh Stasiun Blang Bintang, Zakaria Ahmad, saat dikonfirmasi Kamis (30/11/2017) malam. "Setelah Cempaka obok-obok Pulau Jawa yang juga berpengaruh terhadap pemicu cuaca buruk wilayah Aceh,‎ kini Cempaka hilang dan Dahlia datang," ujar Zakaria.

Siklon Tropis Dahlia yang datang tidak peris berada pada posisi Badai Cempaka, tetapi Badai Dahlia yang muncul kali ini adalah sebelah Barat Daya Bengkulu. Dengan keberadaan badai ini, diperkirakan akan menyumbang cuaca buruk untuk sebahagian pulau Jawa dan Sumatera.

"Khususnya untuk wilayah provinsi paling barat ini, Dahlia tidak sendiri untuk menggoyang Aceh, tetapi berkabolarasi dengan Eddy yang ada di Laut China Selatan dan sedang bergerak menyebrang daratan Semenanjung Malaysia untuk mengobok-obok Selat Malaka," jelasnya.

Tak ayal bila tekanan rendah ini siap menyebrang dan bertahta di Selat Malaka, maka Aceh akan mengalami cuaca ekstrim dimana Aceh akan terjadi gelombang tinggi bisa mencapai maksimal 3 hingga 5 meter di perairan utara timur Aceh, Selat Malaka, serta Samudra Hindia Barat Aceh dan maksimal 1 hingga 3 untuk pantai barat-selatan.

"Disamping itu kolaborasi Eddy dan Dahlia ini juga akan memicu angin kencang bahkan berpotensi terjadi angin puting beliung untuk wilayah utara Aceh. Bahkan munculnya Dahlia dan Eddy berdampak terhadap Aceh hujan lebat guntur dan petir," ungkapnya.

BMKG Aceh memperkirakan, tiga hari kedepan Aceh akan mengalami hujan deras untuk Aceh secara menyeluruh. Untuk itu, pihaknya berharap kepada masyarakat agar waspada banjir susulan, tanah longsor untuk daerah perbukitan, serta bahaya sambaran petir dan juga angin kencang.

"Kepada para nelayan agar tidak melaut untuk sementara waktu. Sedangkan untuk pengguna jasa pelayaran juga agar lebih berhati-hati khususnya Ulee Lheue-Balohan yang berpotensi tinggi gelombang maksimum 3 hingga 5 meter pada keadaan tertentu. Begitu pun kepada pengunjung Sail Sabang agar lebih memperhatikan keselamatan dalam berolahraga di laut," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...