BMKG: Waspada Banjir Aceh Dilanda Hujan 3 Hari ke Depan

20141009BMKG1

Aceh Besar, acehportal.com - Provinsi Aceh diperkirakan akan dilanda hujan berintensitas sedang hingga lebat selama tiga hari kedepan, yang mana masyarakat harus mewaspadai bencana banjir serta tanah longsor.‎ Hal ini dikatakan Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Stasiun Blang Bintang, Zakaria Ahmad.

‎Ia mengatakan, secara umum hujan sedang hingga lebat tersebut disertai petir dan terjadi merata di seluruh provinsi Aceh. Hal ini karena tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah selatan Pulau Jawa, sehingga massa udara di Samudera Hindia Barat tertarik ke low pressure.

"‎Ditambah dengan low pressure sebelah selatan Pulau Mentawai, sehingga memperkuat gaya tarik massa udara di Samudera Hindia bagian barat," ujarnya, Minggu (26/11/2017).

‎Dijelaskannya, kondisi ini mengakibatkan terbentuknya belokan angin di atas wilayah Aceh yang memicu berkumpulnya uap air, sehingga membentuk tumbuhnya awan konvektif (Colounimbus) yang merupakan penyebab turunnya hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

‎"Dengan cuaca seperti ini perlu diwaspadai banjir, khususnya di daerah rendah. Sementara di dataran tinggi seperti lereng gunung atau bukit, yang harus diwaspadai yakni bencana tanah longsor," ungkap Zakaria.

‎Dirinya mengimbau bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan dan kapal penyeberangan untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca saat melakukan aktivitasnya. Menurutnya, kondisi tersebut berdampak meningkatnya kecepatan angin sehingga berpengaruh terhadap tingginya gelombang laut.

‎"Di sejumlah perairan Aceh, tinggi gelombang terjadi antara 1 hingga 2,5 meter. Nelayan dan pelaku jasa transportasi laut diimbau memperhatikan alat kelengkapan keselamatan sebelum beraktivitas, seperti pelampung, alat komunikasi dan lainnya," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...