350 Perempuan Akan Hadiri Kongres Duk Pakat Inong Aceh IV

350 Perempuan Akan Hadiri Kongres Duk Pakat Inong Aceh IV.(Acehportal.com)

Banda Aceh - Sebanyak 350 perempuan mewakili berbagai unsur dan profesi dari 23 kabupaten/kota akan menghadiri Duk Pakat Inong Aceh (DPIA) atau kongres perempuan Aceh yang ke lV, yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-25 November 2017 bertempat di Hotel Grand Aceh Lamdom.

Kegiatan yang mengusung tema "Pemenuhan Hak-Hak perempuan Aceh" rencananya akan di buka oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

"Dalam acara kongres ini akan dihadiri dari berbagai unsur perempuan seperti aktivis perempuan, ulama perempuan jurnalis perempuan, pemimpin-pemimpin perempuan dan juga ibu rumah tangga,"ujar Ketua Organizing Commuter (OC) DPIA IV Riswati pada konferensi pers di Banda Aceh, Rabu (15/11/2017).

Ia mengatakan, serangkaian kegiatan ini akan diisi berupa hiburan dari kelompok anak-anak kebutuhan khusus dan akan di tampilkan karya-karya perempuan Aceh, serta juga diisi dengan seminar umum dan seminar tematik.

"Pengadaan seminar ini bertujuan untuk menganalisis kondisi, peran dan posisi perempuan Aceh saat ini dari berbagai aspek (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan budaya) serta mengindentifikasi peluang dan strategi dalam upaya untuk pemenuhan hak-hak perempuan di Aceh," jelas Riswati.

Dia menyebutkan, ada empat narasumber yang akan di hadirkan yaitu Prof Yusni Sabi (Akademisi dan Tokoh Aceh), Nevi Ariani SE Kadis PPPA, Azriana SH Ketua Komnas Perempuan RI, dan Titi Aggraini direktur perludem.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Aceh, Nevi Ariyani mengatakan pemerintah Aceh mendukung berbagai upaya terhadap pemenuhan hak-hak perempuan di Aceh, diantaranya melalui penyelenggaraan DPIA IV tahun 2017.

“Forum ini sebagai alat silaturahmi dan konsilidasi perempuan Aceh untuk merumuskan rekomndasi terkait arah gerakan untuk pemberdayaan dan perlindungan hak-hak perempuan di Aceh,”pungkasnya.

Penulis:Teuku dedi
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...